Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga

Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga | Mata Pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga merupakan pondasi bagi peserta didik dalam memahami tugas-tugas menjadi pekerja pada bidang Nautika Kapal Niaga.

Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga berfungsi membekali peserta didik mengimplementasikan kesadaran tentang pentingnya proses bisnis, peluang kerja, lingkup kerja, perkembangan teknologi, aturan-aturan yang berlaku, kepedulian lingkungan, keselamatan, keamanan dan pelayanan di kapal, sijil keadaan darurat.  Kemudian membentuk sikap peserta didik, menghargai kerja individu dan kelompok (gotong royong), mandiri, jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dalam aktivitas sehari-hari dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga 

    A. Rasional Nautika Kapal Niaga

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga berfungsi membekali peserta didik mengimplementasikan kesadaran tentang pentingnya proses bisnis, peluang kerja, lingkup kerja, perkembangan teknologi, aturan-aturan yang berlaku, kepedulian lingkungan, keselamatan, keamanan dan pelayanan di kapal, sijil keadaan darurat.

    Kemudian membentuk sikap peserta didik, menghargai kerja individu dan kelompok (gotong royong), mandiri, jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dalam aktivitas sehari-hari dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga merupakan pondasi bagi peserta didik dalam memahami tugas-tugas menjadi pekerja pada bidang Nautika Kapal Niaga, setelah belajar pada pada program keahlian Nautika Kapal Niaga. 

    Selain itu sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan dalam mempelajari materi pelajaran pada pembelajaran fase F.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari.

    Dengan demikian dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Lebih mendalam tentang langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas silahkan cek pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga berkontribusi dalam memampukan peserta didik menjadi ahli pada bidang Nautika Kapal Niaga, membekali peserta didik dalam bernalar kritis, mandiri, dan kreatif dan adaptif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

    Peserta didik yang memahami Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga diharapkan mampu meningkatkan keimanan dengan mengakui kebesaran Tuhan YME yang menciptakan bumi dan seisinya, makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang bertebaran di laut, sehingga akan menumbuhkan rasa ingin tahu, jujur, bertanggung- jawab, kritis dan peduli lingkungan.

    Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga

    B. Tujuan Nautika Kapal Niaga

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dasar yang terkait dengan operasionalisasi kapal niaga, termasuk pengetahuan tentang bangunan atau konstruksi kapal dan stabilitas kapal untuk menumbuh- kembangkan minat peserta didik terhadap kompetensi keahliannya dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis di dunia kerja bidang Nautika Kapal Niaga;
    2. memahami perkembangan teknologi yang digunakan dan dunia kerja bidang Nautika Kapal Niaga;
    3. memahami profil entrepreneur, job-profile, dan peluang usaha/bekerja di bidang Nautika Kapal Niaga;
    4. memahami lingkup kerja pada bidang Nautika Kapal Niaga;
    5. melakukan Tindakan Penanganan Keadaan Darurat secara cepat, tepat dan terkendali;
    6. memahami Undang-undang Pelayaran dan Konvensi Internasional (Basic Knowledge of IMO Convention) yang relevan pada keselamatan kehidupan di laut, keamanan dan perlindungan lingkungan laut;
    7. memahami Kepedulian lingkungan dan Pencegahan polusi (Environment Awareness and Pollution of Prevention) pencemaran lingkungan laut;
    8. menerapkan Budaya Keselamatan, keamanan dan pelayanan (Safety, Security and Service Culture) terhadap rekan kerja kru kapal maupun terhadap penumpang kapal; dan
    9. memahami Konstruksi dan Stabilitas (Ship Construction and Stability) dalam dunia pelayaran, agar kapal tidak mengalami kecelakaan baik dari faktor internal (kapal sendiri) maupun faktor eksternal (cuaca buruk).

    Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga

    C. Karakteristik Nautika Kapal Niaga

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga berfokus pada pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh calon pelaut kapal niaga. 

    Peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja di atas kapal yang dapat dimasuki setelah lulus, dan profil entrepreneur pada bidang kapal niaga. 

    Selain itu peserta didik juga diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, keselamatan dan kesehatan kerja serta dasar-dasar kompetensi dalam menghadapi keadaan
    darurat di kapal niaga.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga terdiri atas beberapa elemen beserta deskripsinya silahkan cek di bagian bawah bersama capaian pembelajaran Nautika Kapal Niaga

    D. Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga

    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian Nautika Kapal Niaga dengan capaian pembelajaran sebagai berikut.

     

    Atau silahkan unduh capaian pembelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Niaga bentuk word di link berikut ini :


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Niaga"

    Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.