Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022

CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022 | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan merupakan dasar peserta didik dalam memahami tugas-tugas seorang pelaut khususnya sebagai perwira mesin (Kepala Kamar Mesin dan masinis), elektrikan dan juru minyak di kapal penangkap ikan, silahkan simak dan unduh selengkapnya tentang Capaian Pembelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan .

CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022 | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan merupakan dasar peserta didik dalam memahami tugas-tugas seorang pelaut khususnya sebagai perwira mesin (Kepala Kamar Mesin dan masinis), elektrikan dan juru minyak di kapal penangkap ikan, silahkan simak dan unduh selengkapnya tentang Capaian Pembelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan .

CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022

    A. Rasional Teknika Kapal Penangkapan Ikan

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan tentang teknika kapal penangkapan ikan, yaitu kesatuan kegiatan yang meliputi salah satu atau keseluruhan cara mengoperasikan, menjaga dan merawat mesin-mesin kapal
    penangkap ikan. 

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Mata pelajaran ini berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di fase F.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan merupakan pondasi bagi peserta didik dalam memahami tugas-tugas seorang pelaut khususnya sebagai perwira mesin (Kepala Kamar Mesin dan masinis), elektrikan dan juru minyak di kapal penangkap ikan. 

    Selain itu, sebagai landasan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di Fase F.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Lebih mendalam tentang langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas silahkan cek pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Selain itu tahapan pembelajaran serta pendekatan, strategi, metode, dan model yang dipilih diharapkan juga dapat mengembangkan soft skill atau keterampilan non teknis yang perlu dimiliki peserta didik untuk memasuki fase belajar berikutnya dan dunia kerja.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknika kapal penangkapan ikan, mengembangkan kapasitas peserta didik dalam bernalar kritis, mandiri, kreatif dan adaptif. 

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Melalui pembelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan peserta didik akan mampu membangun dirinya memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, berpikir kritis, dan
    bertanggung-jawab, peduli lingkungan serta mampu membangun etos kerja tinggi, jiwa berwirausaha maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022

    B. Tujuan Teknika Kapal Penangkapan Ikan

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills):
    1. memahami proses bisnis secara menyeluruh di bidang teknika kapal penangkapan ikan;
    2. memahami perkembangan teknologi yang digunakan, proses kerja, dan isu-isu global di bidang teknika kapal penangkapan ikan;
    3. memahami technopreneur, job-profile, peluang usaha dan pekerjaan/ profesi di bidang teknika kapal penangkapan ikan;
    4. memahami lingkup kerja teknika kapal penangkapan ikan;
    5. menerapkan prosedur darurat;
    6. memahami hukum maritim dan perikanan;
    7. memahami konstruksi dan stabilitas kapal penangkap ikan;
    8. melakukan penanganan dan penyimpanan hasil tangkapan; dan
    9. memahami mesin penggerak kapal penangkap ikan.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022

    C. Karakteristik Teknika Kapal Penangkapan Ikan

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan berfokus pada pada dasar-dasar kompetensi yang harus dimiliki oleh calon pelaut kapal penangkapan ikan. 

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, keselamatan dan kesehatan kerja serta dasar-dasar kompetensi dalam menghadapi keadaan
    darurat di atas kapal. 

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Peserta didik juga dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja di atas kapal yang dapat dimasuki setelah lulus, dan profil entrepreneur pada bidang teknika kapal penangkapan ikan.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan terdiri atas 9 elemen sebagai berikut:

    D. CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022
    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran utuh mengenai program keahlian Teknika Kapal Penangkapan Ikan melalui pengenalan wawasan dunia kerja dan kewirausahaan serta penguasaan elemen-elemen pembelajaran lainnya sehingga mampu menumbuhkan passion (renjana), vision
    (visi) yang dapat memotivasi dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas belajar pada fase ini maupun fase berikutnya.

    CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022 pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar- Dasar Teknika Kapal Penangkapan Ikan dapat diuraikan sebagai berikut.

     

    Atau silahkan di unduh saja CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022 Kurikulum Merdeka di link berikut :


    Untuk Buku Teks dan CP Kompetensi lainnya bisa anda kunjungi :
    Sumber rujukan : CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022 Kurikulum Merdeka ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat 
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Teknika Kapal Penangkapan Ikan Revisi 2022"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.