Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Geografi SMA Kelas 12

Modul Ajar Geografi  SMA kelas 12 Kurikulum Merdeka. Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan sebab akibat gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi.

Baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.


Modul Ajar Geografi  SMA kelas 12 Kurikulum Merdeka. Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan sebab akibat gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi.  Baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Modul Ajar Geografi  SMA Kelas 12

Modul Ajar Geografi SMA kelas 12 ini menjadi prangkat ajar yang membantu guru dalam membimbing siswa dalam pembelajaran Geografi yang cukup luas objek kajiannya baik permukaan bumi meliputi litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer. 

Melalui Modul ajar geografi SMA kelas 12 ini menghantarkan peserta didik untuk mempelajari hubungan sebab akibat berbagai gejala dan peristiwa di permukaan bumi. 

Dengan Belajar geografi membantu setiap orang untuk memahami kompleksitas dunia.

Semoga dengan bantuan perangkat ajar ini mempermudah guru dalam proses pembelajarnnya dalam mendampingi peserta didik memahai Konsep dari geografi.

Yaitu mampu menghubungkan topik-topik/fenomena/gejala alam dan sosial menjadi suatu ide yang menolong setiap individu mengenal dirinya pada wilayah tempat tinggalnya dalam skala lokal, nasional, regional hingga global yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjawab tantangan dan masalah yang terjadi di sekitar maupun di luar wilayahnya.

Modul Ajar Geografi  SMA Kelas 12

Untuk mempermudah mempelajarinya, modul ajar Geografi ini didesain dengan memaparkan berbagai persoalan keruangan (spatial problems) yang dirumuskan dalam rangkaian pertanyaan : 

  • Apa jenis fenomenanya? 
  • Kapan terjadinya? 
  • Di mana fenomena tersebut terjadi? 
  • Bagaimana dan kenapa fenomena tersebut terjadi di daerah tersebut dan tidak terjadi di daerah lainnya?

Mempelajari geografi dapat menanamkan rasa cinta lingkungan dan cinta tanah air, mengajak setiap individu menjaga dan melestarikan lingkungan sehingga dapat hidup selaras dengan alam, dapat beradaptasi dengan perubahan alam dan mengupayakan pencegahan secara individu dan komunitas dari ancaman bencana yang diakibatkan oleh alam (mitigasi bencana). 

Mempelajari geografi akan mengenalkan batas-batas wilayahnya (laut, udara, darat) termasuk di dalamnya potensi alam, sumber daya alam seperti potensi tanah, wisata, tambang, dan sebagainya maupun potensi sosial seperti kemajemukan sosial yang menciptakan kreativitas untuk mengembangkan potensi wilayahnya, juga semangat mempertahankan wilayahnya dari ancaman luar.

Modul Ajar Geografi  SMA kelas 12

Geografi sebagai mata pelajaran di persekolahan menjadi sangat penting yang dapat memberikan sumbangsih dalam mengatasi permasalahan lokal regional maupun dunia, serta membentuk warga negara yang bertanggung-jawab dan berkontribusi pada permasalahan bangsa dan dunia. 

Indonesia dengan hampir 5 juta km2 luas wilayah, dengan ribuan budaya, potensi sumber daya berlimpah, perbedaan ruang wilayah, dan penduduk yang besar, pasti perlu memahami sekali. 

Anugerah Tuhan yang maha Esa harus dijaga dan dimanfaatkan sebagai bekal kelangsungan hidup bangsa ini dan masyarakat dunia. 

Sesuai dengan konsep Pelajar Pancasila Berkebhinekaan global. Karakteristik keilmuan geografi sungguh tepat menjadi salah satu mata pelajaran yang diberikan dari pendidikan tingkat dasar, menengah hingga tinggi.

Modul Ajar Geografi  SMA Kelas 12

Berikut ini contoh modul ajar Geografi SMA Kelas 12, diambil dari guru-guru program sekolah penggerak, yang dapat sobat gurusumedang jadikan contoh dalam membuat modul ajar yang sesuai konteks dan karakteristik satuan pendidikan dan satuan pendidikannya masing-masing.

Buku Teks Guru dan Siswa 

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru Geografi SMA Download
2Buku Siswa Geografi SMA Download

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran

NoCP & ATPDownload
1Capaian Pembelajaran GeografiDownload
2Alur Tujuan Pembelajaran GeografiDownload

Modul Ajar Geografi SMA Kelas 12

 No Topik /Modul  PenyusunDownload
1 Mengevaluasi potensi kewilayahan dan
pembangunan 
Nadya Fidina Salam Download
2 Perkembangan desa kota, pola interaksi
keruangan desa kota
Nadya Fidina Salam Download
3 Kualitas dan kuantitas kependudukan Indonesia Nadya Fidina Salam Download
4 Potensi sumber daya fisik Indonesia Nadya Fidina Salam Download
5 Kerjasama bilateral internasional yang 
menguntungkan Indonesia
Nadya Fidina Salam Download
6 Kerjasama maritim untuk kedaulatan negara
dan kawasan regional
Nadya Fidina Salam Download
7 Dampak kerjasama regional. dan regional
diberbagai Bidang
Nadya Fidina Salam Download
8 Industri Manufaktur, pariwisata dan ekonomi kreatif Nadya Fidina Salam Download
9 Energi Terbarukan Indonesia menjadi negara maju Nadya Fidina Salam Download
10 Peran dan strategi Indonesia sebagai negara 
berdaulat didunia internasional
Nadya Fidina Salam Download

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA lainnya semua mapel di: Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Geografi SMA Kelas 12 yang dapat dijadikan contoh dan rujukan dalam menyusun modul ajar kimia sesuai konteks dan karakteristik peserta didik yang dihadapi. semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Geografi SMA Kelas 12"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.