Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek

Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek  yang dicetak oleh PPPPTK IPA, Seameo Qitep.  Modul ajar merupakan perencanaan pembelajaran secara lengkap yang berisi  berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan topik dalam lingkup kelas. 

modul ajar ipa smp kemdikbudristek, modul ajar ipa kelas 7, modul ajar ipa sd, modul ajar ipa kelas 9, modul ajar ipa fase d, modul ajar ipa sekolah penggerak, modul ajar ipa kurikulum merdeka, modul ajar ipa kelas 7 pengukuran, modul ajar ipa kelas 8 kurikulum merdeka. modul ajar STEM

Sehingga modul ajar dapat dianggap sebagai RPP, guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan oleh pemerintah ataupun mengembangkan secara mandiri, tidak perlu lagi membuat RPP secara terpisah. 


modul ajar ipa smp kemdikbudristek, modul ajar ipa kelas 7, modul ajar ipa sd, modul ajar ipa kelas 9, modul ajar ipa fase d, modul ajar ipa sekolah penggerak, modul ajar ipa kurikulum merdeka, modul ajar ipa kelas 7 pengukuran, modul ajar ipa kelas 8 kurikulum merdeka. modul ajar STEM

Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek

Pemerintah sendiri sebagaimana janjinya akan menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. 

Guru dapat mengembangkan modul ajar IPA SMP yang disediakan pemerintah tersebut melalui langkah ATM, yaitu Amati, Tiru dan modifikasi  demikian kata sahabat gurusumedang.  

Artinya modul ajar IPA SMP tersebut diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan konteks satuan pendidikan

Modul ajar IPA SMP tersebut sudah banyak yang beredar melalui platform merdeka mengajar, atau yang dibagikan melalui link-link Drive melalui medsos/blog..

Blog ini juga membantu dalam penyebaran modul-modul salah satunya modul ipa SMP kemdikbudristek tersebut, silahkan cari di icon search atau daftar isi. sudah lengkap ko, paling kurang cuma beberapa mapel aja, karena memang belum tersedia.

Namun dari contoh modul IPA SMP yang beredar, banyak pula yang kecewa , baik dari sisi konten, relevansi, kesesuaian dengan buku teks dan lain sebagainya, tentunya hal ini wajar juga, karena modul-modul yang beredar tersebut walaupun resmi di sosialisaikan oleh kemdikudristek, bukanlah resmi produk kemdikbud namun produk aksi nyata para guru sekolah-sekolah program sekolah penggerak, yang kemudian di kurasi oleh kemdikbudristek.

Berdasar hal itu admin GS,mencoba mengumpulkan modul-modul ajar yang telah dibukukan dan dicetak resmi oleh PPPPTKIPA /Kemdikbudristek, atau lembaga lainnya seperti Seameo Qitep, sebelum kurikulum merdeka di landingkan. 

Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek

Seperti modul PJJ, modul-modul yang dicetak dan diproduksi serta dibuat oleh tim widyaiswara  PPPPTK IPA, Tim Seameo Qitep he-he-he admin kan guru IPA jadi banyak mengoleksi dan pernah terlibat dalam penyusunan modul bersama tim P4TK IPA,  dan saya yakin  PPPPTK mata pelajaran lainnya juga ada, coba aja googling, mungkin ada teman-teman mapel lain mengoleksinya.

Hemat saya Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek  yang dicetak oleh PPPPTK IPA dan Seameo Qitep yang akan saya bagikan kepada sobat sekalian,  sangat layak untuk dijadikan contoh modul ajar dan referensi   karena secara konten bisa dipertanggunjawabkan,  bagus dan relevan,dengan model inkkuiri, STEM, HOTS dan Projek dari penulis-penulis dibidangnya.

Tambahan lagi sudah dilakukan ujicoba sebelumnya, dan yang pasti disusun oleh kemdikbud secara resmi.

Sehingga Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek  yang dicetak oleh PPPPTK IPA ,Tim Seameo Qitep dibawah ini sangat saya rekomendasikan untuk di ATM kan yaitu Amati kemudian Tiru dan di-Modifikasi sesuai kontek, karakteristik dan selaras dengan komponen  dalam membuat modul  ajar Kurikulum Merdeka.

Download Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek

 No  Modul Ajar Penulis  Download 
1Keanekaragaman Hayati Tropika Heri Setiadi,M.Si
M.Haidar Helmi,S.P.,M.Si
Download
2 Miniatur Rumah Hemat Energi (STEM) Yudi Yanuar,M.T Download
3 Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) (STEM) Noeraida,S.Si,.M.Pd
Dr. Asep Agus Sulaeman
Download
4 Gerak Lurus Beraturan (STEM) Noeraida,S.Si,.M.Pd
Ai Deti Heryanti,M.Pd
Download
5Gerak Lurus dengan Kecepatan Tetap (STEM) Suharto,S.Pd.,M.T
Kardiana,S.Pd
Download
6Energi dan Daya Listrik (STEM) Yudi Yanuar,M.T Download
7 Hukum Newton (STEM) Noeraida,S.Si.,M.Pd
Dr. Elly Herlaini,M.Phil
Ai deti Heryanti,M.Pd
Helsy Elselia,M.Pd
Download

Demikianlah modul ajar IPA SMP Kemdikbudristek yang disusun dan dicetak oleh TIm P4TKIPA, semoga modul ini bermanfaat dan bisa dimodifikasi untuk membuat modul ajar Sesuai Kurikulum Merdeka.
Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar IPA SMP Kemdikbudristek "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.