Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Energi | Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) STEM IPA SMP

Energi | Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) STEM IPA SMP adalah modul yang disusun oleh Noeraida dan Asep Agus Sulaeman dari  Tim PPPPTKIPA   Dirjen GTK Kemdikbud tahun 2018  dengan tujuan untuk mengakomodir karakteristik  pembelajaran abad 21 dengan pendekatan STEM (Science, Technology,  Engineering, and Mathematics)

STEM merupakan pendekatan dimana Sains, Teknologi, Rekayasa (enginnering), dan Matematika diintegrasikan dengan fokus pada proses  pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata, pembelajaran STEM  memperlihatkan kepada peserta didik bagaimana konsep-konsep, prinsip-prinsip sains,  teknologi, rekayasa, dan matematika digunakan secara integrasi untuk  mengembangkan produk, proses, dan sistem yang memberikan manfaat untuk  kehidupan manusia.

Energi | Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) STEM IPA SMP

Pembelajaran STEM pada topik Energi berisikan pembahasan tentang topik Energi yang dipelajari peserta didik SMP di kelas VII dalam mata pelajaran IPA. 

Topik Energi dipilih menggunakan pendekatan STEM karena berdasarkan hasil kajian berisikan cakupan pengetahuan atau sains yang terkait dengan teknologi tertentu yang dapat direkayasa dengan melibatkan perhitungan-perhitungan matematika, diantaranya :

1. Dari sisi sains (science), materi ini akan menggali :
  • pengetahuan faktual menyodorkan tentang contoh sumber-sumber energi yang ada di alam; 
  • pengetahuan konseptual meliputi energi, sumber energi, energi potensial gravitasi, energi listrik, energi alternatif dan  perubahan bentuk energi; 
  • pengetahuan prosedural yang dapat dipelajari mencakup pengukuran arus listrik; proses pemecahan masalah tentang krisis energi, langkah-lngkah pembuatan PLTMH, langkah-langkah ujicoba PLTM
  • pengetahuan metakognitif tentang pembuatan PLTMH, mulai darai perancangan purwarupa PLTMH, pembuatan purwarupa PLTMH , evaluasi desain purwarupa PLTMH dan pengevaluasian kinerja minihidro. 

2. Dari sisi teknologi (technology), unit ini akan membahas tentang pembangkit listrik sederhana dengan memanfaatkan air (minihidro). mulai dari PLTMH, generator/Dinamo, lampu LED, Multimeter/amperemeter, internet untuk mencari infomrasi yang terkait teknologi PLTMH, Komputer untuk membuat tabel/grafik/diagram hasil pengamatan dan laporan pembuatan PLTMH

3. Dari sisi rekayasa (enginnering) siswa akan diminta untuk merancang PLTMH dan membuat purwarupa PLTMH , melakukan ujicoba purwarupa PLTMH serta mengevaluasi purwarupa PLTMH

4. Dari sisi Matematika yaitu dengan mempertimbangkan beberapa perhitungan matematika (mathematic) terkait dengan skala dan dimensi/bentuk kincir air (PLTMH), mengukur ketinggian sumber air, menentukan jarak antar baling-baling kincir PLTMH, menentukan jumlah baling-baling kincir PLTMH, mengukur energi potensial gravitasi air. dan membuat grafik/diagram hubungan anara dimensi kincir air dngan arus listrik yang dihasilkan PLTMH

ISI MODUL 

Energi | Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) STEM IPA SMP

  1. Analisis Materi Pembelajaran STEM
  2. Desain pembelajaran
  3. Kemampuan Prasyarat
  4. Pengembangan keterampilan abad 21
  5. Pengembangan Pendidikan Karakter
  6. Skenario pembelajaran untuk 3 pertemuan
  7. Sumber belajar
  8. Alat dan bahan
  9. Penilaian Pembelajaran mulai dari desain penilaian dan instrumen penilaian
  10. Penutup
  11. Daftar pustaka
Modul ini diujicobakan oleh P4TK IPA dengan guru model Ai Deti Heryanti,M.Pd dan telah diaplikasikan dalam pembelajaran IPA di SMPN 4 Sumedang.


Serta telah diseminarkan di Simposium Nasional P4TKIPA  tahun 2018 dengan judul :
"Optimalisasi pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan hasil belajar serta keterampilan berpikir  kreatif dan kolaboratif pada konsep Energi melalui media PLTMH"

Selengkapnya isi modul Energi | Pembangkit Listrik Tenaga Minihdiro (PLTMH) STEM IPA SMP 

 
 
Silahkan kunjungi bagaimana pembelajaran Energi PLTMH STEM di SMPN 4 Sumedang dan lengkapi skill sobat GS dengan Sintaks 5 Model Pembelajaran.

Contoh listrik alternatif lainnya dengan pendekatan STEM bisa anda kunjungi LKPD membuat Baterai dari Buah-buahan

Download modul PLTMH

Semoga Bermanfaat


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Energi | Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) STEM IPA SMP"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.