Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa

Anak cerdas istimewa dan bakat istimewa. Seseorang disebut cerdas istimewa dan bakat istimewa apabila setelah diukur dengan menggunakan tes kecerdasan baku menghasilkan skor IQ di atas normal, mereka juga memiliki kreativitas dan task commitment di atas rata-rata. 

Seorang disebut memiliki bakat istimewa apabila bakat tersebut sangat menonjol dalam bidang akademik tertentu, olahraga, seni dan/atau kepemimpinan melebihi tingkat perkembangan usia teman sebaya.

Seorang disebut memiliki bakat istimewa apabila bakat tersebut sangat menonjol dalam bidang akademik tertentu, olahraga, seni dan/atau kepemimpinan melebihi tingkat perkembangan usia teman sebaya. 

Menurut Renzulli (1978, 2005) Gifted and talented children (cerdas istimewa  dan bakat istimewa) adalah peserta didik yang mempunyai kelebihan dalam tiga komponen yakni :

  • mempunyai kapasitas intelektual di atas rata-rata yang ditandai dengan IQ (skala Weschler) di atas 130, 
  • memiliki motivasi dan komitmen terhadap tugas yang tinggi, serta 
  • memiliki kreativitas yang tinggi. 

Gagne menitikberatkan konsepsi keberbakatan istimewa sebagai hasil interaksi antara faktor keturunan (genetic) dan faktor tumbuh kembang (developmental) yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan. 

Dalam kegiatan belajar, peserta didik berbakat istimewa dan cerdas istimewa dapat dengan cepat menguasai materi pelajaran di sekolah. 

Namun, di sisi lain, mereka cenderung cepat bosan dan frustrasi karena kurangnya tantangan yang diterima di sekolah. 

Peserta didik berbakat istimewa juga mempunyai minat tertentu yang menjadi fokus perhatiannya, tapi fokus dan perhatiannya terhadap minat ini membuat peserta didik berbakat penasaran dan terkadang menjadi tidak peduli dengan berbagai aktivitas lainnya dalam proses belajar mengajar di kelas. 

Cara peserta didik berbakat istimewa dalam berinteraksi juga berbeda dengan peserta didik lainnya. Mereka cenderung lebih senang diskusi dengan orang dewasa, senang memberikan kritik terhadap pertanyaan daripada menjawab pertanyaan yang diajukan rekannya. 

Selain itu, peserta didik berbakat istimewa juga cenderung lebih rapuh emosionalnya, merasa teralienasi karena dirinya berbeda dengan peserta didik lain di lingkungan sosialnya. 

Peserta didik berbakat istimewa juga mempunyai selera humor yang tinggi, bahkan terkadang dengan mengolokolok dirinya sendiri. 

Berbagai perbedaan yang dimiliki anak istimewa dengan kecerdasan istimewa dan bakat istimewa ini membutuhkan perlakuan khusus dari guru di sekolah dan lingkungan kondusif yang memahami perbedaan yang dimilikinya. 

anak dengan kecerdasan istimewa dan berbakat istimewa termasuk ke dalam anak berkebutuhan khusus

Sehingga dibutuhkan kelas inklusif untuk anak-anak cerdas istimewa dan bakat istimewa, yang khusus menangani anak-cerdas istimewa dan bakat istimewa ini. 


anak dengan kecerdasan istimewa dan berbakat istimewa termasuk ke dalam anak berkebutuhan khusus  Sehingga dibutuhkan kelas inklusif untuk anak-anak cerdas istimewa dan bakat istimewa, yang khusus menangani anak-cerdas istimewa dan bakat istimewa ini.

Untuk itu dibutuhkan tenaga pengajar yang diperlengkapi dengan penanganan anak-anak berkebutuhan khusus.

Model layanan disatuan pendidikan bagi peserta didik cerdas istimewa dan bakat istimewa ini bisa menggunakan diferensiasi kurikulum, yaitu: 

  1. Pengayaan (enrichment), berupa tawaran ekstra materi pelajaran yang dimaksudkan untuk pendalaman dan perluasan; 
  2. Pemadatan atau (compacting), berupa pemadatan materi pelajaran reguler. Atau dengan kata lain bahwa pelajaran yang diberikan tidak perlu dilakukan pengulanganpengulangan yang memang diperlukan sebagai latihan bagi peserta didik normal; dan 
  3. Paruh waktu (part-time) dalam kelompok-plus atau kelas-plus (pull-out). Kelas itu diadakan ekstra aktivitas atau program yang menantang khusus untuk peserta didik gifted. Kegiatan dalam kelompok/kelas plus ini dilakukan beberapa jam dalam satu minggu. Bila peserta didik gifted tersebut membutuhkan kegiatan yang menantang guna memenuhi kebutuhan keberbakatannya, ia dapat sementara waktu keluar dari kelasnya (pull-out), masuk ke dalam kelompok-plus atau kelas-plus tersebut, bersama-sama dengan peserta didik gifted lainnya dalam berbagai usia mengerjakan berbagai proyek yang diminatinya. Kelas-kelas seperti ini sering juga disebut Kangarooclass; dan 
  4. Percepatan (acceleration), yaitu berupa lompat kelas (Class skipping). Namun percepatan ini membutuhkan beberapa pertimbangan berupa: kematangan sosial emosional, kapasitas intelektual, prestasi, adanya lompatan perkembangan didaktik, persetujuan orang tua, dan penerimaan guru.
Untuk mengenal anak berkebutuhan khusus lainnya silahkan pada link berikut ini :


Semoga bermanfaat

Sumber Ref : Panduan Pendidikan Inklusif Kemdikbudristek,2022

Terkait dengan anak cerdas istikwa dan bakat Istimewa
  • Apa itu anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa?
  • Bagaimana konsentrasi anak cerdas istimewa?
  • Apa yang dimaksud dengan anak yang istimewa?
  • Apa ciri-ciri anak gifted?
  • penyebab anak cerdas istimewa
  • anak cerdas adalah
  • klasifikasi anak cerdas istimewa
  • anak cerdas istimewa memiliki ketertarikan pada berbagai bidang
  • pengertian anak cerdas istimewa menurut para ahli
  • ciri-ciri anak cerdas istimewa
  • anak cerdas istimewa adalah kondisi anak yang selalu naik kelas
  • contoh anak cerdas istimewa
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Anak Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.