Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Organel Sel

Organel Sel | Sebelum lebih lanjut membahas Organel-Organel sel, sel merupakan unit terkecil dari mahluk hidup sehingga untuk mengamatinya dibutuhkan alat pembesar yang disebut Mikroskop. 


Organel Sel | Sebelum lebih lanjut membahas Organel-Organel sel, sel merupakan unit terkecil dari mahluk hidup sehigga untuk mengamatinya dibutuhkan alat pembesar yang disebut Mikroskop.

Dibawah ini sobat GS akan menemukan beberapa pertanyaan  tentang Organel organel sel apa aja?,Organel sel ada berapa?, Apa yang dimaksud dengan organel sel?, organel sel dan fungsinya, 14 organel sel dan fungsinya, organel sel manusia, organel sel hewan, organel sel tumbuhan, organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan adalah, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, gambar organel sel

Tokoh yang berperan penting dalam pengamatan sel adalah Robert Hooke asal Inggris, pada tahun 1663 yang menemukan sel pertama kali dengan menggunakan Mikroskop, beliau mengamati sel gabus (sel mati) yang tidak berprotoplasma dari kulit kayu ek. Sehingga Robert Hooke dikenal sebagai penemu pertama sel dan mikroskop. 

Sepuluh tahun kemudian, tepatnya 1674, seorang ilmuan asal Belanda bernama Antonie Van Leeuwenhoek juga menciptakan sebuah mikroskop, beliau mengamati sampel dari air danau, kerokan dari gigi dan gusi, serta air dari talang hujan. Leeuwenhoek dapat melihat berbagai macam bentuk organisme tersebut. dan menyebut organisme tersebut animalcula yang artinya binatang yang sangat kecil. 

Mikroskop Leeuwenhoek

Mikroskop yang dibuat Leewenhoek menurut saya menjadi cikal bakal mikroskop modern, dimana mikroskopnya ringan dan bisa digenggam. Lensa tunggal yang digunakannya memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga menghasilkan gambar yang sangat jelas dibanding dengan mikroskop-mikroskop lain pada zaman itu

Lebih lanjut tentang Mikroskop bisa anda pelajari :

Dari mikroskop yang terus berkembang dan modern ditemukanlah organel-organel sel dan bisa memahami struktur dan fungsi dai masing-masing organel sel. Tokoh yang tidak kalah penting dalam pembahasan sel dan organel sel adalah MJ.Schleiden yang menjelaskan teori sel pertama kali untuk sel tumbuhan  dan Schwan yang menjelaskan teori sel hewan.

Lebih lanjut tentang sel Hewan dan Sel tumbuhan bisa sobat cek pada artikel : perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan , dengan membacanya saya jamin sobat GS akan semakin mengenal sel dengan lebih baik.

Sel adalah satuan struktural dan fungsional serta penentu faktor genetik yang menyusun mahluk hidup, dan sel berasal dari sel yang telah ada, dan Ilmu yang mempelajari tentang sel disebut Sitologi

Organel - Organel Sel

1. Membran Sel 

Membran Sel adalah organel sel yang dimiliki oleh sel hewan maupun sel tumbuhan. Sel membran berfungsi untuk mengontrol keluar masuknya bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel (transportasi sel), bahan-bahan yang dibutuhkan berupa partikel makanan, air, oksigen, dan juga sisa-sisa proses metabolisme tubuh. Sel membran juga bertindak sebagai pembatas antara sel dengan lingkungan luar.

Sel membran dimiliki oleh sel hewan maupun sel tumbuhan. Sel membran berfungsi untuk mengontrol keluar masuknya bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel (transportasi sel), bahan-bahan yang dibutuhkan berupa partikel makanan, air, oksigen, dan juga sisa-sisa proses metabolisme tubuh. Sel membran juga bertindak sebagai pembatas antara sel dengan lingkungan luar.

Sifat Membran sel adalah selektif permeabel, tersusun dari Lipoprotein dimana bagian terluar dan terdalam disusun oleh protein dan bagian tengahnya disusun dari lemak dan lipida.

2. Plasma (Bagian Protoplasma yang cair)

Organel sel kedua adalah Plasma yang merupakan bagian cari dari sel , terdiri dari :  Nukleoplasma ( plasma yang terletak dalam inti sel) Sitoplasma (Cytoplasma) adalah plasma yang yang terletak diluar inti sel dan merupakan cairan seperti jeli yang menyebar di seluruh bagian sel dan merupakan tempat terjadinya reaksi kimia di dalam sel, jika dianalogikan seperti semangkuk sup; sitoplasma adalah kuah dari sayur sup tersebut. Sitoplasma mengisi ruang-ruang kosong di antara organel-organel sel.

Organel sel kedua adalah Plasma yang merupakan bagian cair dari sel , terdiri dari :

  1. Nukleoplasma ( plasma yang terletak dalam inti sel)
  2. Sitoplasma (Cytoplasma) adalah plasma yang yang terletak diluar inti sel (nukleus) dan merupakan cairan seperti jeli yang menyebar di seluruh bagian sel dan merupakan tempat terjadinya reaksi kimia di dalam sel, jika dianalogikan seperti semangkuk sup; sitoplasma adalah kuah dari sayur sup tersebut. Sitoplasma mengisi ruang-ruang kosong di antara organel-organel sel. Gabungan antara (Sitoplasma + Nukleus = Protoplasma)

3. Dinding Sel

Dinding sel adalah organel sel terluar dari sel tumbuhan yang berfungsi melindungi sel tumbuhan. Dinding sel hanya dimiliki oleh tumbuhan dan beberapa organisme bersel satu. 

Dinding sel bagian terluar dari sel tumbuhan yang berfungsi melindungi sel tumbuhan. Dinding sel hanya dimiliki oleh tumbuhan dan beberapa organisme bersel satu.
Sel Tumbuhan

Dinding sel ini bersifat kaku, sehingga membuat tumbuhan tidak bisa bergerak bebas seperti hewan. 

4. Nukleus (Inti Sel)

Sel tidak memiliki otak, tapi mempunyai organel sel yang bekerja dan berfungsi seperti otak, dialah inti sel (Nukleus). Nukleus terdiri dari membran inti, nukleolus (anak inti), kromatin.

Jika inti sel tidak memiliki membaran inti disebut Prokarion seperti pada Gangang biru, Bakteri, sedangkan sel inti yang memiliki membran inti disebut Eukarion 

Nukleolus merupakan tempat RNA dan kromatin berupa butir-butir dalam inti yang membawa sifat yang mengandung gen, ketika sel sedang membelah kromatin berubah menjadi benang-benang kromosom.

Nukleus adalah organel sel yang terdapat baik pada sel tumbuhan maupun sel hewan, dan berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel. 

Sel tidak memiliki otak, tapi mempunyai sesuatu yang bekerja dan berfungsi seperti otak, dialah inti sel atau biasa disebut nukleus. Nukleus terdiri dari membran inti, nukleolus (anak inti), kromatin.  Jika inti sel tidak memiliki membaran inti disebut Prokarion seperti pada Gangang biru, Bakteri, sedangkan sel inti yang memiliki membran inti disebut Eukarion   Nukleolus merupakan tempat RNA dan kromatin adalah butir-butir dalam inti yang membawa sifat yang mengandung gen, ketika sel sedang membelah kromatin berubah menjadi benang-benang kromosom.  Nukleus adalah organel sel yang terdapat baik pada sel tumbuhan maupun sel hewan, dan berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel.

5. Mitokondria

Mitokondria adalah organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan tumbuhan merupakan organel sel yang berfungsi sebagai tempat oksidasi glukosa dan segala proses yang berkaitan dalam memproduksi energi melalui proses respirasi sel, daur Kreb dan lingkaran Sitokrom.

Seperti layaknya perusahaan listrik yang menyalurkan energi listrik ke rumah-rumah, begitupun mitokondria sebaagai organel sel yang menjadi sumber energi sel.

Krista adalah dinding dalam Mitokondria yang berlekuk-lekuk, berfungsi untuk memperluas permukaan agar proses pembentukan energi lebih efktif.

Mitokondria adalah organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan tumbuhan merupakan organel sel yang berfungsi sebagai tempat oksidasi glukosa dan segala proses yang berkaitan dalam memproduksi energi melalui proses respirasi sel, daur Kreb dan lingkaran Sitokrom.  Seperti layaknya perusahaan listrik yang menyalurkan energi listrik ke rumah-rumah, begitupun mitokondria  Krista adalah dinding dalam Mitokondria yang berlekuk-lekuk, berfungsi untuk memperluas permukaan agar proses pembentukan energi lebih efktif.

Sebelum beranjak ke organel sel lainnya , saya punya cerita bagus untuk disimak tentang Mitokondria : Pelajaran Hidup dari Mitokondria.

6. Vakuola 

Vakuola adalah organel sel tempat menyimpan air, makanan, dan sisa-sisa hasil metabolisme Sel. Vakuola di dalam sel tumbuhan jauh lebih besar dibandingkan sel hewan karena berfungsi untuk menyimpan hasil fotosintesis. 

Sel menyimpan air, makanan, dan sisa-sisa hasil metabolisme di dalam vakuola. Vakuola di dalam sel tumbuhan jauh lebih besar dibandingkan sel hewan karena berfungsi untuk menyimpan hasil fotosintesis.

7. Kloroplas (Cloroplast)

Organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan ini mengandung zat warna hijau daun yang disebut klorofil. Dengan adanya klorofil, maka kloroplas berperan dalam proses fotosintesis yang menghasilkan makanan berupa glukosa.

Organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan ini mengandung zat warna hijau daun yang biasa disebut klorofil. Dengan adanya klorofil, maka kloroplas berperan dalam proses fotosintesis yang menghasilkan makanan berupa glukosa.  Sobat GS bisa mempelajari lebih lanjut apa dan bagaimana proses dan reaksi Fotosintesis baik reaksi terang maupun gelam serta apa saja hasil dalam fotosintesis pada tulisan : Reaksi Fotosintesis

Sobat GS bisa mempelajari lebih lanjut apa dan bagaimana proses dan reaksi Fotosintesis baik reaksi terang maupun gelam serta apa saja hasil dalam fotosintesis pada tulisan :

8. Badan Golgi (Aparatus Golgi)

Badan Golgi merupakan organel sel yang  berperan dalam ekskresi ( yang mengeluarkan zat) seperti :
  • mengemas bahan sekresi yang akan dikeluarkan dari sel. 
  • Memproses protein yang telah disentesa oleh ribosom dari retikulum endoplsma. 
  • Mensintesis polisakarida tertentu dan glikolipid. 
  • Menambah elemen membran baru pada membran Sel. 
  • Memproses kembali komponen membran sel yang telah memasuki sitosol selama endositosis.

Badan Golgi merupakan organel sel yang salah satunya berperan dalam ekskresi ( yang mengeluarkan zat) seperti : mengemas bahan sekresi yang akan dikeluarkan dari sel.  Memproses protein yang telah disentesa oleh ribosom dari retikulum endoplsma.  Mensintesis polisakarida tertentu dan glikolipid.  Menambah elemen membran baru pada membran Sel.  Memproses kembali komponen membran sel yang telah memasuki sitosol selama endositosis.

9. Lisosom

Lisosom adalah organel sel yang hanya terdapat pada sel hewan sebagai tempat pembuatan enzym, fungsinya sebagai tempat merombak atau mencerna (karenanya berisi enzym-enzym).

Dikutip dari Wikipedia bentuk lisosom berupa vesikel bulat yang mengandung enzim hidrolitik yang mampu memecah berbagai jenis biomolekul. 

Lisosom adalah organel sel yang hanya terdapat pada sel hewan dan tempat pembuatan enzym, fungsinya sebagai tempat merombak atau mencerna (karenanya berisi enzym-enzym).  Dikutip dari Wikipedia bentuk lisosom berupa vesikel bulat yang mengandung enzim hidrolitik yang mampu memecah berbagai jenis biomolekul.

Lisosom memiliki komposisi yang spesifik, baik pada protein membran maupun pada protein lumennya. Lumen lisosom memiliki pH (~4.5–5.0) yang optimal bagi enzim yang terlibat dalam hidrolisis, analog dengan aktivitas di lambung yang berfungsi merombak dan mencerna.

Di samping degradasi polimer, lisosom juga terlibat dalam beragam proses sel, termasuk sekresi, perbaikan membran plasma, apoptosis, persinyalan sel, dan metabolisme energi.

Lisosom bertindak sebagai sistem "pembuangan sampah" sel dengan mencerna material bekas pakai di sitoplasma, baik dari dalam maupun dari luar sel. Material dari luar sel diambil melalui endositosis, sedangkan material dari dalam sel dicerna melalui autofag

10. Ribosom

Ribosom adalah organel sel tempat terjadinya sintesa protein, seperti asimilasi N dalam tumbuhan, ada yang melekat pada retikulum endoplasma ada yang bebas dan menyebar di dalam sel.

Ribosom adalah organel tempat terjadinya sintesa protein, seperti asimilasi N dalam tumbuhan, ada yang melekat pada retikulum endoplasma ada yang bebas dan menyebar di dalam sel.

11. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah organel sel yang berperan dalam transportasi di dalam sel atau merupakan penghubung antara membran sel dengan membran inti sel (nukleus), juga sebagai tempat melekatnya ribosom.

Retikulum endoplasma merupakan alat transportasi dalam sel atau merupakan penghubung antara membran sel dengan membran inti sel (nukleus), selain itu tempat melekatnya ribosom.

Karena keberadaan Ribosom inilah Retikulum endoplasma terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Retikulum Endoplasma Kasar (RER); karena adanya ribosom maka retikulum endoplasma kasar berfungsi dalam pembentukan protein, protein yang dihasilkan diteruskan ke badan golgi yang membantu perpindahan molekul ke luar sel.
  2. Retikulum Endoplasma Halus (SER);berguna dalam pembentukan karbohidrat dan lemak,

12. Peroksisom

Organel sel Peroksisom berukuran mirip dengan lisosom dan dapat ditemukan dalam semua sel eukariota. Organel ini dinamai demikian karena biasanya mengandung satu atau lebih enzim yang terlibat dalam reaksi oksidasi yang  menghasilkan hidrogen peroksida (H₂O₂). 

Hidrogen peroksida merupakan bahan kimia beracun, namun di dalam peroksisom senyawa ini digunakan untuk reaksi oksidasi lain atau diuraikan menjadi air dan oksigen. 

Salah satu tugas peroksisom adalah mengoksidasi asam lemak panjang menjadi lebih pendek yang kemudian dibawa ke mitokondria untuk oksidasi sempurna. 

Peroksisom pada sel hati dan ginjal juga mendetoksifikasi berbagai molekul beracun yang memasuki darah, misalnya alkohol.

Sementara itu, peroksisom pada biji tumbuhan berperan penting mengubah cadangan lemak biji menjadi karbohidrat yang digunakan dalam tahap perkecambahan.

Organel sel Peroksisom berukuran mirip dengan lisosom dan dapat ditemukan dalam semua sel eukariota. Organel ini dinamai demikian karena biasanya mengandung satu atau lebih enzim yang terlibat dalam reaksi oksidasi yang  menghasilkan hidrogen peroksida (H₂O₂).

13. Glioksisom

Glioksisom merupakan sejenis peroksisom yang ditemukan pada jaringan penyimpan lemak dari biji tumbuhan,sehingga sangat berperan dalam proses perkecambahan.

Glioksisom merupakan badan mikro yang berdiameter antara 0,5  sampai 1,0 mikrometer. Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan, misalnya pada lapisan aleuron biji padi-padian.  Aleuron merupakan bentuk dari protein atau kristal yang terdapat dalam vakuola. 

Glioksisom berfungsi dalam  : 
  1. Mengontrol dan mengkatalisis dekomposisi senyawa secara bertahap, khusus penyimpanan lemak. 
  2. Menyalurkan produk terhadap sintesis senyawa karbon rantai panjang (karbohidrat). dan  sangat penting selama  pertumbuhan karena glioksisom membantu sintesis dinding sel baru. 
  3. Sebagai tempat metabolisme asam lemak, serta;
  4. Tempat terjadinya siklus glioksilat

14. Sitoskeleton

Sitoskeleteon eukariotik terdiri dari tiga jenis yaitu :
  1. Mikrotubulus ; berupa silinder (tubulus) berongga yang fungsinya memberi bentuk sel, menuntun gerakan organel dan membantu pergerakan kromosom pada saat proses pembelahan sel. pada flagellata, silia dan flagelata yang merupakan alat geraknya juga berisi mikrotubulus.
  2. Filamen intermediat ; berfungsi mendukung bentuk sel dan membuat organel sel tetap berada pada tempatnya.
  3. Mikrofilamen; berupa batang tipis yang terbentuk dari protein aktin berfungsi dalam kontraksi otot pada sel hewan , silahkan cek bagaimana proses relaksasi dan kontraksi otot.
Sitoskeleteon eukariotik terdiri dari tiga jenis yaitu : Mikrotubulus ; berupa silinder (tubulus) berongga yang fungsinya memberi bentuk sel, menuntun gerakan organel dan membantu pergerakan kromosom pada saat proses pembelahan sel. pada flagellata, silia dan flagelata yang merupakan alat geraknya juga berisi mikrotubulus. Filamen intermediat ; berfungsi mendukung bentuk sel dan membuat organel sel tetap berada pada tempatnya. Mikrofilamen; berupa batang tipis yang terbentuk dari protein aktin berfungsi dalam kontraksi otot pada sel hewan , silahkan cek bagaimana proses relaksasi dan kontraksi otot.

Sejumlah protein motor menggerakan berbagai organel di sepanjang sitoskeleton eukariota, seperti
Kinesin, Dinein dan Miosin. Kinesin dan Dinein bergerak pada mikrotubulus sedangkan Miosin bergerak pada mikrofilamen.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Organel Sel"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.