Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Penting Kurikulum Merdeka ,Guru Harus Tahu !

Istilah Penting Perangkat Kurikulum Merdeka Guru harus Tahu !| Kurikulum Merdeka yang merupakan pengganti Kurikulum 2013 sudah masuk ke tahun ke 3 dalam implementasinya, namun masih banyak guru yang kebingungan dan belum terbiasa dengan istilah-istilah baru  dari berbagai perubahan dalam kurikulum baru ini.

Istilah Penting Kurikulum Merdeka ,Guru Harus Tahu !

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam , namun disesuaikan dengan tingkat/level kompetensi peserta didik, agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya. 

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Ada tiga komponen penting yang dilakukan guru dalam memerdekakatan belajar yaitu :

  1. Melibatkan siswa dalam menentukan tujuan pembelajaran
  2. Memberikan pilihan cara (Diferensiasi) ; dan
  3. Mengajak siswa untuk melakukan refleksi
Sedangkan dalam pendidikan karakter siswa dibimbing melalui Proyek untuk menguatkan pencapaian Profil Pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Sobat GS bisa cek tema tema dalam P5.

Istilah Penting Perangkat Kurikulum Merdeka Guru harus Tahu !| Kurikulum Merdeka yang merupakan pengganti Kurikulum 2013 sudah masuk ke tahun ke 3 dalam implementasinya, namun masih banyak guru yang kebingungan dan belum terbiasa dengan istilah-istilah baru  dari berbagai perubahan dalam kurikulum baru ini.  Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam , namun disesuaikan dengan tingkat/level kompetensi peserta didik, agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya.   Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Ada tiga komponen penting yang dilakukan guru dalam memerdekakatan belajar yaitu :  Melibatkan siswa dalam menentukan tujuan Memberikan pilihan cara (Diferensiasi) ; dan Mengajak siswa untuk melakukan refleksi Sedangkan dalam pendidikan karakter siswa dibimbing melalui Proyek untuk menguatkan pencapaian Profil Pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.
Pembelajaran di SMPN 4 Sumedang
(Dok.www.gurusumedang.com)

Sobat GS pasti sudah tidak asing dengan berbagai istilah pada kurtilas (kurikulum 2013) seperti Prota, Promes, Silabus, KI/KD, RPP,KKM,PTS,PAS, Indikator soal, Penilaian teman sejawat dan lain sebagainya.

Seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka yang masuk ke tahun ke-3 tentunya sobat Guru mulai membiasakan diri dengan istilah-istilah baru dalam Administrasi pendidikan khususnya perangkat pembelajaran pada kurikulum Merdeka.

Istilah Penting Kurikulum Merdeka ,Guru Harus Tahu !

Berikut ini beberapa istilah Penting Perangkat Pembelajaran Kurikulum merdeka yang saya sandingkan dengan kurikulum 2013 , mudah-mudahan dapat memudahkan sobat GS dalam memahaminya :

  No   Kurikulum 2013 Kurikulum Merdeka 2022
1 KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan) 
KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
2 KI (Kompetensi Inti) CP (Capaian pembelajaran )
3 KD ( Kompetensi Dasar) TP (Tujuan Pembelajaran )
4 Silabus Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
5 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Modul Ajar ( MA)
6 IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) 
7 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) KKTP ( Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
8 PROMES (Program Semester) PROSEM (Program Semester)
9 PH (peniliaan harian) SUMATIF
10 PTS (Penilain Tengah Semester) STS ( Sumatif Tengah Semester)
11 PAS ( Penilian Akhir Semester) SAS (Sumatif Akhir Semester)
12 Indikator Soal Indikator Asesmen
13 Penilaian Teman Sejawat Penilaian FORMATIF
(selama Proses pembelajaran berlangsung)
14 PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) PPP (Profil Pelajar Pancasila) dalam bentuk
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
15 Pengetahuan, keterampilan
dan Sikap
Elemen (Pengetahuan, Keterampilan dan
Karakter pada P5 )
16 - TaRL (Teaching at The Right Level)
17 Kelas Kelas dan Fase A,B,C,D,E,F

Istilah Penting Kurikulum Merdeka ,Guru Harus Tahu !

Untuk lebih dalam memahami berbagai istilah tersebut serta membantu dalam membuatnya silahkan berselancar di menu-menu guru Sumedang, semua yang dibutuhkan seorang guru tersedia di www.gurusumedang.com .

Jika sobat GS menemukan istilah baru yang penting dalam kurikulum merdeka silahkan tulis di kolom komentar, nanti admin update istilah penting perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka diatas.

Demikian sobat GS, beberapa istilah penting perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang harus kita pahami, semoga dengan mengenal dan memahami istilah tersebut menjadi lebih mudah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka, so ikuti terus dengan subcribe atau  gabung bersama sahabat guru sumedang agar selalu update perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan Indonesia.

Semoga Bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Istilah Penting Kurikulum Merdeka ,Guru Harus Tahu !"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.