Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPG, Pembahasan Soal Jenis Evaluasi Pembelajaran

PPG, Pembahasan Soal Jenis Evaluasi Pembelajaran | Menurut Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, dan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Hal ini berlaku pula untuk Guru daerah khusus (Gurdasus), bahwa di samping harus memenuhi kualifikasi S1/DIV, juga harus memiliki sertifikat pendidik yang diperoleh melalui PPG.

Untuk membantu sobat GS yang akan mengikuti Uji Mahasiswa PPG, berikut ini Pembahasan Soal PPG jenis Evaluasi Pembelajaran yang bersumber dari Kemendikbudristek.


Untuk membantu sobat GS yang akan mengikuti Uji Mahasiswa PPG, berikut ini Pembahasan Soal PPG jenis Evaluasi Pembelajaran yang bersumber dari Kemendikbudristek.

PPG, Pembahasan Soal Jenis Evaluasi Pembelajaran

Kompetensi pedagogik salah satu mata uji dalam PPG. merupakan kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi. 

PPG, Pembahsan Soal Jenis Evaluasi Pembelajaran


PPG, PEMBAHASAN SOAL
 JENIS EVALUASI PEMBELAJARAN ( PEDAGOGIK UMUM)

Soal

Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah…. 
A. Evaluasi formatif 
B. Evaluasi sumatif 
C. Evaluasi selektif 
D. Evaluasi diagnostik 
E. Evaluasi penempatan 

Pembahasan 

Jenis evaluasi berdasarkan tujuan  :
  1. Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan- kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya. 
  2. Evaluasi selektif adalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu. 
  3. Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa. 
  4. Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar. 
  5. Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa. 

Jenis evaluasi berdasarkan sasaran 
  • Evaluasi konteks adalah valuasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhankebutuhan yang muncul dalam perencanaan. 
  • Evaluasi input adalah evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan. 
  • Evaluasi proses adalah evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kalancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya. 
  • Evaluasi hasil atau produk adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan. 
  • Evaluasi outcome atau lulusan adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yaitu evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat. 
Jenis evaluasi berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran 
  1. Evaluasi program pembelajaran; evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspe-aspek program pembelajaran yang lain. 
  2. Evaluasi proses pembelajaran; evaluasi yang mencakup kesesuaian antara peoses pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang di tetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. 
  3. Evaluasi hasil pembelajaran; evaluasi hasil belajar mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik. 
Jenis evaluasi berdasarkan objek dan subjek evaluasi  
Berdasarkan objek: 
  1. Evaluasi input adalah evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan. 
  2. Evaluasi transformasi adalah evaluasi terhadap unsur-unsur transformasi proses pembelajaran anatara lain materi, media, metode dan lain-lain.  
  3. Evaluasi output adalah evaluasi terhadap lulusan yang mengacu pada ketercapaian hasil pembelajaran. 
Berdasarkan subjek: 
  1. Evaluasi internal adalah evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator, misalnya guru. 
  2. Evaluasi eksternal adalah evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator, misalnya orangtua, masyarakat. 

Jawaban  : B

Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "PPG, Pembahasan Soal Jenis Evaluasi Pembelajaran"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.