Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Atletik | Lompat Jauh SMA Kelas X

Modul Ajar Atletik | Lompat Jauh SMA Kelas X. Dalam pembelajaran lompat jauh pertama kali peserta didik disarankan mempelajari lompat jauh gaya menggantung. Guru dapat memberikan contoh secara langsung atau meminta peserta didik untuk memperagakan gerakan lompat jauh hasil dari belajar mandirinya melalui media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya, salah satunya dengan tayangan video youtube tentang lompat jauh.

Modul Ajar PJOK kelas X Fase E Atletik Lompat Jauh dihadapan sobat GS iniadalah modul Ajar lompat jauh yang disusun oleh Roni Abdu Mujid  guru SMAN 1 Kota Sukabumi, yang di perbanyak oleh Direktorat SMA Ditjen PAUD DikDasmen Kemdikbudristek.

Modul Ajar Atletik | Lompat Jauh SMA Kelas X. Dalam pembelajaran lompat jauh pertama kali peserta didik disarankan mempelajari lompat jauh gaya menggantung. Guru dapat memberikan contoh secara langsung atau meminta peserta didik untuk memperagakan gerakan lompat jauh hasil dari belajar mandirinya melalui media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya, salah satunya dengan tayangan video youtube tentang lompat jauh.  Modul Ajar PJOK kelas X Fase E Atletik Lompat Jauh dihadapan sobat GS iniadalah modul Ajar lompat jauh yang disusun oleh Roni Abdu Mujid  guru SMAN 1 Kota Sukabumi, yang di perbanyak oleh Direktorat SMA Ditjen PAUD DikDasmen Kemdikbudristek.

Modul Ajar PJOK dengan Pembahasan Olahraga Atletik Pokok Bahasan Lompat jauh ini untuk 1 kali pertemuan dengan 3 JP.

Buku PJOK

 No  Buku Siswa dan Guru   Download
1 Buku Siswa PJOK SMA Kelas X Kurma Download
2 Buku Guru PJOK SMA Kelas X Kurma Download
3 Buku Siswa PJOK SMA Kelas X K-13 Download
4 Buku Guru PJOK SMA Kelas X K-13 Download

CP dan ATP PJOK

No CP dan ATP PJOK  Download
1 CP PJOK SMA Fase E-F  Download
2 ATP PJOK SMA  Fase E-F Download
3 ATP PJOK SMA Kelas X Fase E   Download

Tujuan Pembelajaran

  1. Mempraktikkan keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik.
  2. Mempraktikkan hasil evaluasi penerapan keterampilan gerak dalam berbagai olahraga atletik.

Lompat Jauh

Pemahaman yang perlu dipahami peserta didik sebelum melaksanakan praktik yaitu peserta didik memahami teknik dasar lompat jauh yang terdiri dari awalan, tolakan, sikap melayang di udara, mendarat.

Pembelajaran lompat jauh diawali oleh kegiatan striding, yaitu kegiatan orientasi yang diarahkan untuk membangun kemampuan tolakan kaki. Adapun tahapan pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

Pemahaman yang perlu dipahami peserta didik sebelum melaksanakan praktik yaitu peserta didik memahami teknik dasar lompat jauh yang terdiri dari awalan, tolakan, sikap melayang di udara, mendarat.  Pembelajaran lompat jauh diawali oleh kegiatan striding, yaitu kegiatan orientasi yang diarahkan untuk membangun kemampuan tolakan kaki. Adapun tahapan pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:


1. Lompat jauh gaya menggantung tanpa awalan 

Latihan gaya menggantung tanpa awalan menekankan pada penguasaan kemampuan melenting ke belakang pada saat melayang di udara. Untuk itu diperlukan adanya waktu yang cukup bagi peserta didik untuk melakukannya selama melayang di udara.

Dalam hal ini, memanfaatkan waktu selama melayang di udara, dimana semakin tinggi lompatan yang dibuat, semakin lama pula saat melayangnya. Untuk membiasakan posisi tubuh saat melayang di udara, diperlukan alat bantu yang memungkinkan peserta didik untuk melompat lebih tinggi. Alat bantu yang dipergunakan di antaranya adalah bangku Swedia atau meja atau kursi yang bisa dinaiki oleh peserta didik dan disimpan di pinggir bak lompat. 

Dengan melompat dari atas alat bantu inilah peserta didik dapat melayang lebih lama, sehingga memberikan waktu yang cukup untuk melakukan lentingan di udara.

Tahapan latihan yang dapat dilakukan adalah:

  1. Berdiri dengan kedua kaki di atas bangku.  Dengan didahului sikap jongkok di atas bangku, peserta didik kemudian menolak dari atas bangku dan melayang ke arah bak lompat. Pada saat melayang, cobalah tarik kedua lengan ke belakang atas bersamaan dengan mengangkat dada ke depan tanpa mengubah pandangan mata yang terarah ke depan. Pada saat yang sama, tariklah kedua kaki ke belakang dengan lutut bengkok sehingga badan membusur dan membuat sikap lenting di udara. Setelah sikap melenting tercapai, tarik kembali lengan dan kaki ke depan bersamaan hingga keduanya terjułur lurus ke depan. Terakhir, mendaratlah dengan posisi jongkok dan lutut ditekuk serta mengeper.
  2. Menolak dengan satu kaki di atas bangku. Hampir sama seperti latihan pertama, cobalah menolak dari bangku hanya dengan satu kaki tolak saja. Tolakan tersebut didahului dengan menempatkan kaki tolak di atas bangku dan kaki ayun di tanah di belakang bangku. Setelah menolak, angkatlah paha dari kaki ayun sejajar dengan tanah. Pada titik tertinggi layangan, segera angkat dada ke depan atas bersamaan dengan menarik kaki ayun ke arah kaki yang lain membentuk sikap badan melenting. Kemudian julurkan kedua kaki ke depan untuk mendarat.
  3. Menolak dengan melakukan langkah awalan. Sama dengan latihan di atas, hanya sebelum menolak, peserta didik berdiri sekitar dua hingga tiga langkah di belakang bangku. Untuk bisa menolak peserta didik harus berjalan sebanyak tiga langkah lału menolak dengan kaki tolak, yang dilanjutkan dengan gerakan latihan sebelumnya.

2.  Pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan awalan lari

Pada latihan ini ditekankan upaya menggabungkan penguasaan kemampuan melenting
di udara yang dilatih pada latihan tanpa awalan sebelumnya dengan kemampuan
melakukan awalan. 

Semua proses latihan yang ditemui di sini masih sama dengan
latihan sebelumnya, hanya pada tahap ini selalu didahului dengan lari sebagai awalan
untuk melakukan lompat jauh. Penambahan gerak awalan dapat dilakukan secara
bertahap, yaitu:
  1. Lari awalan sekitar tujuh langkah, kemudian menolak di bangku Swedia. Pelaksanaan tolakan, layangan dan mendarat, sama dengan latihan sebelumnya.
  2. Lari awalan sekitar 11-13 langkah, lalu menolak di bangku Swedia.
  3. Lari awalan dengan jarak yang hampir sebenarnya, kemudian menolak di bangku.
  4. Peserta didik diberi kebebasan untuk menentukan check marknya sendiri, 
kemudian menolak dari papan tolak tanpa menggunakan bangku lagi, seperti pada
situasi sebenarnya.  Gerakan utuhnya dapat sobat lihat di video-vide lompat jauh.

3.  Evaluasi penerapan keterampilan gerak lompat jauh

  1. Salah satu peserta didik dipersilahkan untuk melakukan gerakan lompat jauh.
  2. Peserta didik lainnya mengamati gerakan yang dilakukan oleh peraga.
  3. Guru meminta peserta didik mengevaluasi gerakan yang dilakukan oleh peraga  yang meliputi awalan, tolakan, melayang dan mendarat.
  4. Guru meminta peraga memperbaiki gerakan sesuai dengan masukan yang  diberikan oleh peserta didik lainnya.

4. Mempraktikkan kembali lompat jauh dengan gerakan yang lebih baik hasil evaluasi  bersama.

Kegiatan Penutup

  1. Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai  sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Kemudian peserta didik membuat catatan dan kesimpulan hasil pembelajaran.
  2. Peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan.
  3. Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
Lebih jelasnya silahkan scrolling Modul Ajar Atletik Pokok Bahasan Lompat Jauh yang disusun oleh Roni Abdu Mujid  guru SMAN 1 Kota Sukabumi,

 
atau silahkan free download Modul Ajar Atletik Pokok bahasan Lompat jauh dibawah ini :


Untuk Modul Ajar PJOK lainnya silahkan kunjungi :
Demikian Modul Ajar Atletik dengan pokok bahasan Lompat jauh, semoga bisa dijadikan rujukan untuk diamati, ditiru dan dimodifikasi sesuai dengan situasi kondisi peserta didik dan satuan pendidikan masing-masing, berkah untuk penulisnya dan memberikan manfaat untuk sobat sekalian.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Atletik | Lompat Jauh SMA Kelas X"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.