Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi | Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek  atau situasi, setelah diadakannya investigasi /penelitian secara sistematis.

Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sitematis. Laporan hasil obseravasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep /ekosistem tertentu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi | Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek  atau situasi, setelah diadakannya investigasi /penelitian secara sistematis.  Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sitematis. Laporan hasil obseravasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep /ekosistem tertentu.


Teks laporan hasil observasi biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Contoh Teks laporan hasil observasi

Bunga Melati

Bunga melati adalah bunga yang sangat populer diseluruh dunia terutama didaerah tropis karena aromanya yang unik. Melati merupakan tanaman asli daerah tropis dan hangat. Pada sebagaian besar jenis bunga melati bunganya berwarna putih dan yang lainnya ada yang berwarna kuning.

Bunga merupakan organ pada tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat perkembangbiakan generatif tumbuhan. Bunga melati termasuk salah satu jenis bunga yang banyak disukai oleh kawaum hawa. Warnanya yang cantik dan beraneka rgam inilah yang menambah  keindahan serta lambang dari keharmonisan. Untuk lebih mengenal tentang bunga ini, mari kita pelajari tentang bagian-bagian bunga melati. Bunga melati memiliki bagian bagian tersendiri dan juga fungsi yang berbeda-beda.

Berikut penjelasan bagian-bagian bunga melati beserta fungsinya.

Bagian-bagian bunga melati :

Tangkai Bunga

Bagian ini merupakan bagian awal dari sebuah bunga yang memiliki bahasa latin Rachis pedunculus. tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dan juga ranting.

Mahkota Bunga

Mahkota bunga atau yang bisa disebut corolla. Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang memiliki varian warna yang menarik dan seringkali direpresentasikan sebagai bunga melati itu sendiri/mahkota bunga juga disebut sebagai perhiasan bunga, sehingga hal ini digunakan sebagai pemikat serangga untuk proses penyerbukan. Bagian ini memiliki susunan dan juga bentuk yang berbeda pada setiap bunga, dan sering juga dijadikan indikator utama dari keindahan dan kecantikan dari sebuah bunga.

Dasar Bunga

Nama lain dasar bunga adalah Receptacle yang berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga dan merupakan bagian ujung dari tangkai bunga

Daun Mahkota (petal)

Bagian bunga melati satu ini merupakan perhiasan bunga yang memiliki warna yang mencolok, berkelompok yang membentuk corolla (mahkota bunga)

Daun Buah

Daun buah atau petal ini merupakan bagian yang membentuk putik bunga, ini merupakan bagian fertil berupa ovalum yang berkelompok.

Daun pelindung (Brachtea)

Bagian ini berbeda dengan kelopak bunga, karena brachtea merupakan daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga.

Kelopak Bunga

Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang berbentuk seperti daun dan mempunyai nama lain sepal. bagian ini berfungsi untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup.

Benang sari (Stamen)

Bagian ini merupakan alat kelamin jantan sebuah bunga yang berfungsi untuk membantu proses reproduksi dan perkembangbiakan yang nantinya dapat menumbuhkan tanaman baru, stamen terdiri dari benangsari, serbuk sari dan kepala sari.

Demikian contoh teks laporan hasil observasi, semoga bermanfaat.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.