Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Basa Sunda | Dongeng Sunda SMA Kelas X

Modul Ajar Basa Sunda | Dongeng Sunda SMA Kelas X. Modul ajar basa Sunda yang alan saya sodrkan kali ini adalah tentang Doengeng Sunda, dengan model pembelajaran Project Based Learning yang dilaksanaan secara Blended Learning.

Tujuan pembelajaran 

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks dongeng berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. 

Modul Ajar Basa Sunda | Dongeng Sunda SMA Kelas X. Modul ajar basa Sunda yang alan saya sodrkan kali ini adalah tentang Doengeng Sunda, dengan model pembelajaran Project Based Learning yang dilaksanaan secara Blended Learning.  Tujuan pembelajaran  Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks dongeng berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.


Dongeng Basa Sunda

Dongeng adalah cerita fiksi yang tidak masuk akal dan tidak benar-benar terjadi, umumnya  menceritakan suatu peristiwa pada zaman dahulu. Jenis dongeng diantaranya, fabel, parable, legenda, mite, sage, pamuk dan dongeng pieunteungeun.

Dongeng adalah cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar- benar terjadi. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, meskipun kenyataannya banyak dongeng yang melukiskan kebenaran, mengandung pelajaran moral, atau sindiran.

Dongeng biasanya mempunyai kalimat pembukaan dan penutup yang bersifat klise, misalnya dalam dongeng Jawa diawali dengan “Anuju sawijining dino...” dan diakhiri dengan kalimat penutup “A lan B urip rukun bebarengan kaya mimilan mintuno”. Pada dongeng Melayu biasanya diawali dengan kalimat “Sahibul hikayat”,“Kata yang empunya ceritera.....”,dan sebagainya.

Mendongeng merupakan salah satu bentuk tradisi lisan sebagai sarana komunikasi dan merekam peristiwa-peristiwa kehidupan, sudah ada berabad-abad yang lalu.Tradisi lisan ini terus  berkembang, dan pernah menjadi primadona bagi ibu atau nenek dalam mengantar tidur anak atau cucu mereka.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan faktor  kesibukan yang semakin meningkat tradisi mendongeng banyak ditinggalkan orang. Televisi, film, dan gadget lebih menarik perhatian dibanding mendongeng.

Seorang ibu yang biasanya mendongeng saat anaknya menjelang tidur seringkali tidak mengetahui bahwa anaknya sudah berangkat tidur karena asyik dengan acara televisi atau handphonenya. 

Mendongeng merupakan kegiatan yang tampaknya sepele,tetapi sangat berarti bagi perkembangan jiwa anak. Menurut Priyono Mendongeng bila dilakukan dengan pendekatan yang sangat akrab akan mendorong terbukanya cakrawala pemikiran anak, sejalan dengan pertumbuhan jiwa sehingga mereka akan mendapat sesuatu yang sangat berharga bagi dirinya dan dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk.(2001:vi) 

Cerita dari dongeng dapat dipetik manfaatnya, terutama dongeng-dongeng yang mengandung  pesan moral. Oleh karena itu pendongeng harus pandai memilih dongeng yang sesuai dengan usia anak serta mengandung nilai pendidikan yang bermanfaat untuk anak.

Disamping mengandung  nilai-nilai yang bermanfaat bagi anak kegiatan mendongeng merupakan metode terbaik untuk membuat anak belajar. Anak-anak sering menggunakan waktu belajar seenaknya. Dengan metode mendongeng, anak akan mendengarkan dengan penuh perhatian karena dongeng sangat menarik bagi anak-anak.

Modul Ajar Basa Sunda Pokok Bahasan Dongeng Sunda

Selengkanya modul ajar Basa Sunda pokok bahasan Dongeng Sunda yang dapat anda amati, tiru dan modifikasi sesuai dengan peserta didik yang dihadapi dan satuan pendidikan dimana sobat GS berada. 


Atau bisa anda download gratis Modul Ajar Basa Sunda. dongeng sunda SMA kelas X dibawah ini :

Demikian Modul Ajar Basa Sunda Pokok Bahasan Dongeng Sunda untuk SMA kelas X, semoga berkah untuk penyusunnya dan membawa manfaat untuk kita semua.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Basa Sunda | Dongeng Sunda SMA Kelas X"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.