Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul P5 Fase D " Aku CInta Keberagaman"

Modul P5  Fase D " Aku CInta Keberagaman" tema Bhineka Tunggal Ika | Indonesia adalah negara yang besar, salah satunya dengan keragaman yang dimiliki oleh Indonesia dari sabang sampai Merauke. potensi besar ini menjadi nilai kekuatan sekaligus juga menjadi ancaman yang besar jika tidak dirawat dan di jaga dengan satu komitmen yang jelas dan pengikat itu tergambarkan dalam nilai Bhineka Tunggal Ika.

Keberagaman ini menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang  majemuk. Indonesia terdiri atas sejumlah besar kelompok etnis, agama, dan  budaya yang heterogen. Dalam perkembangannya, keragaman yang  multikultural itu menjadi kekayaan bangsa, tetapi di sisi lain rawan memicu  konflik dan perpecahan. Fenomena tantangan sosial disebabkan sebagian besar  masyarakat hanya menghadirkan keragaman tanpa bisa menerima  keberagaman. 

Modul P5  Fase D " Aku CInta Keberagaman" tema Bhineka Tunggal Ika | Indonesia adalah negara yang besar, salah satunya dengan keragaman yang dimiliki oleh Indonesia dari sabang sampai Merauke. potensi besar ini menjadi nilai kekuatan sekaligus juga menjadi ancaman yang besar jika tidak dirawat dan di jaga dengan satu komitmen yang jelas dan pengikat itu tergambarkan dalam nilai Bhineka Tunggal Ika.  Keberagaman ini menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang  majemuk. Indonesia terdiri atas sejumlah besar kelompok etnis, agama, dan  budaya yang heterogen. Dalam perkembangannya, keragaman yang  multikultural itu menjadi kekayaan bangsa, tetapi di sisi lain rawan memicu  konflik dan perpecahan. Fenomena tantangan sosial disebabkan sebagian besar  masyarakat hanya menghadirkan keragaman tanpa bisa menerima  keberagaman.


Untuk memperbaiki kondisi itu diperlukan pemikiran dan  pemahaman guna menerima dan memberikan toleransi dengan keberagaman.  Proses penyuaraan keberagaman dan  toleransi itu sering mengalami  konflik. Konflik bisa terjadi di lingkungan sekolah  karena kesalahpahaman  komunikasi serta keragaman etnik, agama, dan budaya.  

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Bhinneka Tunggal Ika  mengangkat topik Aku Cinta Keberagaman dengan fokus pada tiga dimensi,  yaitu kebhinnekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.  

Modul P5 Fase D Aku Cinta Keberagaman dengan tema Bhineka Tunggal Ika ini disusun oleh Maryono dkk dengan Hak cipta dipegang oleh Direktorat SMP Dirjen PAUD, pendidikan dasar dan menengah Kemdikbudristek 2023. 

Guru Sumedang hanya menyadur dan membantu menyebarluaskan Modul P5 Akku Cinta Keberagaman tema Bhineka Tunggal Ika ini, agar sobat guru dapat melakukan ATM pada modul P5 ini dengan menganalisis, dan mengamati , tiru kemudian tentunya melakukan modifikasi pada modul P5 Fase D Aku Cinta Keberagaman  dengan menyesuaikan situasi dan kondisi satuan pendidikan dan peserta didik yang dihadapi.

Tujuan Modul P5 Aku Cinta Keberagaman

Tujuan modul projek Aku Cinta Kebragaman dengan tema Bhineka Tunggal Ika ini adalah menumbuhkan karakter kebhinnekaan  terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. 

Hal ini dimaksudkan untuk  membangun kembali kesadaran adanya konflik dan penyelesaian konflik dalam  keberagaman di lingkungan sekolah, serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka  Tunggal Ika dengan menuangkan ide dan kreativitas dalam bentuk kampanye  mencintai keberagaman melalui berbagai media, seperti komik, poster, cipta  baca puisi, dan bermain peran. 

Alur Modul P5 Aku Cinta Keberagaman

Projek ini dilakukan dalam empat tahap: 
  1. Tahap Pengenalan peserta didik diajak mengenal dan mengidentifikasi konsep kebhinnekaan dengan melakukan eksplorasi materi. 
  2. Tahap Kontekstualisasi peserta didik diberikan ruang untuk berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selanjutnya, siswa mengeksplorasi permasalahan tentang konflik yang ada di lingkungan sekolah, kemudian merencanakan dan menyusun aksi nyata dalam bentuk kampanye aku cinta keberagaman. 
  3. Tahap Aksi peserta didik didampingi guru membuat perencanaan kampanye melalui beberapa media, misalnya membuat komik atau media lain, disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Selanjutnya, peserta didik diajak berkreasi melalui cipta baca puisi tentang toleransi dalam keberagaman, video bermain peran “Aku Cinta Keberagaman” atau poster yang mengajak untuk mencegah dan menghadapi konflik di lingkungan sekitar peserta didik . Tidak tertutup kemungkinan dalam kampanye siswa memiliki ide dan kreativitas lainnya. 
  4. Tahap Refleksi dan Evaluasi Selama proses projek ini berjalan, peserta didik tidak hanya membentuk pengetahuan, tetapi juga membangun kesadaran dan melakukan observasi. Pada akhirnya, peserta didik dapat merencanakan solusi aksi dari situasi yang telah mereka ketahui dan pahami, serta akan berdampak pada lingkungan terdekatnya.

C. Target Pencapaian Projek

Melalui projek P5 tema Bhineka Tunggal Ika ini peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil  Pelajar Pancasila yakni berkebhinnekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. 

D. Download Modul P5 Fase D " Aku Cinta Keberagaman

Bagaimana tahapan dalam projek aku cinta keberagaman tema Bhineka tunggal ika, Dimensi, elemen dan subelemen, Profil Pelajar Pancasila, kerangka pengalaman belajar, dan Pembagian jam pelajaran projek Bhineka Tunggal Ika, lembar keja projek, rubrik penilaian, dari setiap aktifitas modul P5 Aku Cinta keberagaman bisa anda download dan scrolling dibawah ini :


Atau bisa sobat guru unduh modul P5 Aku Cinta Kebragaman pada tombol downoad berikut ini:


Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

Demikian modul P5 fase D "Aku Cinta Keberagaman"dengan tema Bhineka Tunggal Ika disusun sebagai acuan guru dan sekolah dalam menyesuaikan aktifitas, alokasi waktu sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah, semoga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Modul P5 Fase D " Aku CInta Keberagaman" "

  1. ijin untuk mengcopi buat dijadikan bahan ajar ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👍 happy shaaring semoga berkah untuk para penulisnya

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.