Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul P5 Fase D "Wonderland Indonesia"

Modul P5 Fase D Wonderland Indonesia bertujuan dalam membangun kesadaran akan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini merupakan suatu keistimewaan yang menjadi ciri khas dari berbagai daerah ataupun suku yang sudah seharusnya kita syukuri bersama. Perbedaan-perbedaan yang ada ini hendaknya tidak menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

Modul P5 Fase D “Wonderland Indonesia” dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dan dimensi “Berkebhinekaan Global dan Kreatif” ini disusun oleh Ni Made Ratnadi, S.Pd., M.Pd. dari SMPN 3 Selemadeg Timur. 

Modul P5 Fase D Wonderland Indonesia bertujuan dalam membangun kesadaran akan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini merupakan suatu keistimewaan yang menjadi ciri khas dari berbagai daerah ataupun suku yang sudah seharusnya kita syukuri bersama. Perbedaan-perbedaan yang ada ini hendaknya tidak menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.   Modul P5 Fase D “Wonderland Indonesia” dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dan dimensi “Berkebhinekaan Global dan Kreatif” ini disusun oleh Ni Made Ratnadi, S.Pd., M.Pd. dari SMPN 3 Selemadeg Timur.

Projek ini merupakan suatu langkah yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran keberagaman/rasa toleransi dan kreatifitas seluruh peserta didik.

Melalui pementasan tari wonderland Indonesia dapat menciptakan kesempatan belajar bagi peserta didik untuk membentuk diri sesuai  profil pelajar pancasila, menjadi siswa yang lebih kreatif dan dapat meningkatkan rasa toleransi terhadap perbedaan keyakinan, perbedaan budaya, menghargai keberagaman adat istiadat. 

Modul P5 wonderland Indonesia dihadapan sobat GS ini  Projek ini dimulai dengan mengenalkan konsep bhineka tunggal ika dan berkebhinekaan global melalui mengenalkan pengertian dan penyebab keberagaman di Indonesia kepada peserta didik. Kemudian peserta didik memasuki tahapan kontekstualisasi dengan melakukan reset terpadu materi, dilanjutkan ke tahap aksi yaitu pembuatan tari wonderland Indonesia. 

Melalui Modul P5 Fase D Wonderland Indoensia ini peserta didik diharapkan telah mengembangkan secara spesifik dua dimensi profil pelajar pancasila, yakni bekebhinekaan global dan kreatif.

Profil pelajar Pancasila yang dikembangkan

 Dimensi Profil Pelajar Pancasila   Elemen Profil Pelajar PancasilaSub Elemen Profil pelajara Pancasila Target Pencapaian di akhir fase D
Berkebhinekaan Global Mengenal dan Menghargai Budaya Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keberagaman budaya Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untk mengembangkan identitas pribadi sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari
Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Menghasilkan karya dan melakukan tindakan didorong oleh minat dan kesukaannya pada suatu hal, emosi yang ia rasakan hingga mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan sekitar Mengeksplorasi dan mengekpresikan pikiran dan atau perasaanya dalam bentuk karya dan atau tindakan serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain

Relevansi Projek Ini Bagi Sekolah Dan Semua Guru Mata Pelajaran 

Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang artinya berbeda-besa tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Setelah peserta didik melihat isu atau permasalahan dalam menerapkan rasa Bhineka Tunggal Ika seperti rendahnya kesadaran akan keberagaman yang dimiliki Bangsa Indonesia,  mereka bisa mulai mengambil aksi yang membantu untuk meningkatkan kesadaran akan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. 

Sekolah sebagai komunitas dapat membangun kesadaran dari seluruh anggota komunitasnya mengenai kesadaran akan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Melalui aksi nyata yang dilakukan dalam komunitas sehari-harinya tersebut, diharapkan peserta didik dapat berperan dalam menyadari keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan suatu keistimewaan yang menjadi ciri khas dari berbagai daerah ataupun suku. 

Cara Penggunaan Perangkat Ajar Projek Ini 

Cara menggunaan perangkat ajar Modul P5 ini adalah :

  1. Perangkat ajar ini dirancang untuk guru fase D (SMP) untuk melaksanakan egiatan kokulikuler dengan mengusung tema “Bhineka Tunggal Ika”. 
  2. Waktu untuk melaksanakan perangkat ajar ini disarankan dilakukan selama kurang lebih 4 bulan. 
  3. Sebaiknya ada waktu refleksi dan umpan balik diantara tahapan dalam proses projek ini, agar peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mengaitkan konsep, berefleksi, dan berpikir kritis di setiap tahapannya. 
  4. Perangkat ajar ini berupa acuan, setiap guru maupun sekolah bebas menyesuaikan jumlah aktivitas, alokasi waktu, sesuai dengan kebutuhan peserta didik di Sekolah. 
  5. Materi, konten yang ada dalam perangkat ajar ini juga sebagai acuan. Guru dan sekolah bebas menyesuaikan materi sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 

Download Modul P5 Fase D Wonderland Indonesia

Selengkapnya modul P5 Fase D Wonderland Indonesia mulai dari tujuan, langkah kegiatan dan asesmen dapat sobat unduh dibawah ini untuk di analisis , ditiru, dan dimodifikasi sesuai satuan pendidikannya serta situasi dan kondis peserta didik yang dihadapi. Anda juga bisa mengaksesnya di platform Merdeka Mengajar Kemdikbudristek :


Atau silahkan download pada tombol berikut ini:

Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

Penutup

Demikian modul P5 fase D "wonderland Indonesia" dengan tema Bhineka Tunggal Ika  SMP kelas 7 dalam membangun dan menumbuhkan kesadaran akan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai suatu keistimewaan dan keunggulan yang tidak dimiliki bangsa lainnnya dimuka bumi ini yang menjadi sumber nilai kebesaran dan kebangaan bangsa Indonesia, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul P5 Fase D "Wonderland Indonesia""

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.