Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul P5 Fase D "Pahlawan Dalam Lensa"

Modul P5 Fase D"Pahlawan Dalam Lensa" | Tema Rekayasa Teknologi. Disusun oleh Junari,S.Pd dari SMP Muhammadiyah 2 Blitar, untuk kelas 7 SMP dengan alokasi 108 Jam Pelajaran. Membawa peserta didik menjadi vloger dengan meliput tempat-tempat pahlawan yang ada di kota Blitar.

Contoh modul P5 Fase D Pahlawan dalam lensa tema Rekayasa teknologi ini tentunya bisa diadaftasi oleh rekan guru di berbagai wilayah di Indonesia, dengan setingan tempat dan pahlawan sesuai dengan daerahya masing-masing. 

Modul P5 Fase D"Pahlawan Dalam Lensa" | Tema Rekayasa Teknologi. Disusun oleh Junari,S.Pd dari SMP Muhammadiyah 2 Blitar, untuk kelas 7 SMP dengan alokasi 108 Jam Pelajaran. Membawa peserta didik menjadi vloger dengan meliput tempat-tempat pahlawan yang ada di kota Blitar.  Contoh modul P5 Fase D Pahlawan dalam lensa tema Rekayasa teknologi ini tentunya bisa diadaftasi oleh rekan guru di berbagai wilayah di Indonesia, dengan setingan tempat dan pahlawan sesuai dengan daerahya masing-masing.


Modul P5 Fase D"Pahlawan Dalam Lensa"

Modul P5 Fase D Pahlawan Dalam Lensa ini dapat sobat guru unduh di platform merdeka mengajar Kemdikbudristek. Guru sumedang sebatas membantu menyebarkan modul P5 Fase D ini dan hak cipta dimiliki penyusun dan SMPN Muhammadiyah 2 Blitar.

Saat ini, peserta didik dapat dengan mudah mengakses internet dan berbagai informasi dari belahan dunia manapun. Untuk itu, kami memilih tema Rekayasa Teknologi dengan tujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk aware dengan perubahan era dan tingkah laku masyarakat yang tidak lepas dengan teknologi. 

Diharapkan kedepannya bisa menggunakan teknologi itu sendiri secara bijak, kebermanfaatan, dan keberlanjutan baik untuk diri sendiri maupun lingkungannya.

Deskripsi Singkat Projek “ Pahlawan dalam Lensa “ 

Modul P5 Fase D berjudul Pahlawan dalam Lensa, akan dilaksanakan pada rentang bulan agustus sampai bulan oktober. Dimana peserta didik akan menjadi vlogger dengan meliput tempat-tempat pahlawan yang ada di Kota Blitar.  Peserta didik akan menjelaskan dengan detail apa saja yang mereka amati dan alami. Kemudian akan dibagikan di  media sosialnya masing-masing.

Alur Kegiatan Projek

Alur kegiatan Projek P5 Fase D pahlawan dalam lensa ini adalah :

  1. Tahap Pengenalan 
    1. Peserta didik menerima informasi awal  tentang Proyek yang akan dilaksanakan 
    2. Peserta didik mengerjakan tes diagnostik 
    3. Peserta didik mengeksplorasi isu tentang penggunaann teknologi dalam sisi positif dan negative kemudian memfilter informasi dengan baik. 
    4. Peserta didik membangun nalar dalam refleksi awal tentang gambaran projek untuk masing masing kelompoknya 
    5. Peserta didik menonton video public speaking 
  2. Tahap Kontekstualisasi 
    1. Peserta didik menyimak  contoh video dari vlogger dan mencatat point point penting yang perlu diterapkan 
    2. Peserta didik membuat teks skrip/scenario opening, bagian content dan closing video 
    3. Peserta didik praktek hasil skrip yang telah dibuat 
  3. Tahap Aksi 
    1. Peserta didik survey lokasi yang akan diliput 
    2. Peserta didik melakukan reording di tempat yang telah ditentukan. 
    3. Peserta didik mengevaluasi tantangan yang dirasakan saat peliputan dan diskusi antar kelompok tentang rencana tindak lanjut 
    4. Peserta didik mengedit video yang telah diliput. 
    5. Peserta didik memposting/upload video di media social ( youtube, Instagram, tiktok, facebook, dll) 
    6. Masing-masing peserta didik saling mengapresiasi dan memberikan komen pada video teman yang lain 
  4. Tahap refleksi dan tindak lanjut 
    1. Peserta didik menyajikan laporan proyek berupa hasil video yang telah dibuat 
    2. Peserta didik mem-posting video di media sosial mereka 
    3. Peserta didik mengumpulkan informasi terkait proyek yang akan dilaksanakan 
    4. Peserta didik melaksanakan evaluasi dan menyusun keberlanjutan aksi yang bisa diteruskan secara konsisten untuk membangun keberlanjutan studi 

Download Modul P5 Fase D Pahlawan Dalam lensa

Bagaimana Dimensi, elemen dan subelemen Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan terbentuk, Alur Kegiatan, Asesmen, Refleksi serta lampirang-lampiran kegaitan dari modul P5 Fase D pahlawan Dalam lensa ini selengkapnya bisa sobat scrolling dan unduh dibawah ini :


Atau silahkan anda unduh modul P5 Fase D Pahlawan Dalam Lensa Tema Rekayasa Teknologi ini pada tombol download berikut :

Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

Penutup

Melalui modul P5 Fase D Pahlawan Dalam Lensa ini diharapkan aterbentuk karakter peserta didik yang berketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mandiri, Kreatif,  Berpikir kritis, Gotong Royong, dan inovatif, yang mampu menyelaraskan dirinya dengan perkembangan teknologi dan menggunakannya untuk kepentingan dirinya dan lingkungannya.
Semoga Bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul P5 Fase D "Pahlawan Dalam Lensa""

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.