Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guru Merdeka Belajar

Guru merdeka Belajar; Progam Merdeka belajar bukan memberikan kepada guru dan siswa untuk bebas menentukan apapun baik materi maupun target atau proses pembelajaran tanpa arah yang jelas.

Namun merdeka belajar adalah kemerdekaan dalam proses pembelajaran yang bebas dari rasa takut, tidak terpaku aturan administratif yang kaku yang dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi guru  dan siswanya, merdeka belajara adalah bebas dari tekanan intimidasi bagi perserta pembelajaran baik guru maupun siswanya.

Guru merdeka Belajar; Progam Merdeka belajar bukan memberikan kepada guru dan siswa untuk bebas menentukan apapun baik materi maupun target atau proses pembelajaran tanpa arah yang jelas, namun merdeka belajar adalah kemerdekaan dalam proses pembelajaran yang bebas dari rasa takut, tidak terpaku aturan administratif yang kaku yang dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi guru  dan siswanya, merdeka belajara adalah bebas dari tekanan intimidasi bagi perserta pembelajaran baik guru maupun siswanya.

Meminjam istilah Pieter Sangga Lewar yang ditulisnya di kompasiana bahwa merdeka belajar adalah 
melepaskan "pasungan" gaya pengajaran tradisional: yang memenjarakan tubuh dalam wilayah yang terbatas, memasung energi pada kegiatan yang terbatas, membatasi stimulasi indra dan interaksi sosial, membatasi pengalaman-pengalaman di kelas, dan menomorduakan inisiatif dan kreativitas atas hal-hal lain.

Lalu apa yang harus dilakukan guru dalam perannya memerdekakan belajar ?

Kualitas dan profesionalitas guru menjadi syarat mutlak sebuah pembelajaran berjalan dengan penuh makna dan penuh nilai, silahkan cek guru profesional disini. 

Seorang guru profesional akan menghadirkan pembelajaran yang berkualitas yang akan bermuara pada output siswa yang berkualitas. 

Untuk bisa berkualitas dibutuhkan nilai diri dan dukungan dari pemangku kepentingan serta ekosistem  pendidikan yang cocok bagi pengembangan dirinya.  

Seorang guru merdeka belajar harus senantiasa mengembangkan dirinya. lebih lanjut tentang komunitas belajar /ekosistem pembelajaran DISINI.

Empat pintu pengembangan guru merdeka belajar kemdikbud :

  1. Kemerdekaan ; Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan menentukan tujuan, cara dan refleksi belajar untuk terus menerus melakukan pengembangan diri, seperti: terlibat dalam menetapkan target kinerja sekolah dan guru, memilih pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, dan melakukan refleksi berkala terhadap capaian dan proses mencapai target.
  2. Kompetensi ;  Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.
    Kompetensi ;  Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.
  3. Kolaborasi ;  Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan melakukan kolaborasi dengan guru dan komunitas untuk menghasilkan karya atau mencapai tujuan bersama, seperti: kesempatan berinteraksi ke sekolah lain, kesempatan terlibat di komunitas yang relevan dan kesempatan melakukan proyek bersama. silahkan cek tentang MGMP, Lesson Studi atau LSLC (Lesson Study for Learning Community)
  4. Karier ; Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan untuk mengenali, memilih, merencanakan dan mengembangkan karier sesuai potensi dan aspirasinya dengan tetap mengajar di kelas, seperti kesempatan berkarya, kesempatan mengenalkan karya melalui presentasi, pameran atau di web/aplikasi dan mendapat umpan balik terhadap karyanya.

Guru Merdeka Belajar adalah guru yang senantiasa merefleksi dirinya untuk menyesuaikan pemikiran  dan perbuatannya terhadap perubahan dalam upaya mencapai tujuan. 

Tiga hal yang harus senantiasa dimiliki dan dilakukan seorang guru merdeka belajar adalah  ;

1. Berkomitmen pada tujuan ; 

  • melakukan praktik yang membuat sadar untuh terhadap pemelajarn yang esensial ; 
  • memahami dan memprioritaskan murid sebagai subyek dalam pembelajaran ; 
  • menetapkan tujuan dan taret yang menantang tapi realistis dicapai dalam pembelajaran dan pengembangan diri

2. Mandiri pada cara

  • Merancang pembelajarn berdasarkan kebutuhan dan kesiapan murid
  • mencari cara yang efektif yang ditemuai pada pembelajaran murid
  • mengikuti kegiatan (berkomunitas, berbagi, pelatihan, coaching dll) untuk melakukan pengembangan diri

3. Melakukan Refleksi diri secara berkala

membuat catatan reflektif harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dn apa yang perlu diperbaiki meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah/madrasah untuk memperbaiki pembelajaran Menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan balik pada rencana pembelajaran pengembangan diri
kolegialitas (www.gurusumedang.com)

  • membuat catatan reflektif harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dn apa yang perlu diperbaiki
  • meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah/madrasah untuk memperbaiki pembelajaran, silahkan lanjutkan tentang pembelajaran refleksi .
  • Menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan balik pada rencana pembelajaran pengembangan diri 

Download :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Guru Merdeka Belajar"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :