Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Merdeka Belajar

Guru merdeka Belajar |Progam Merdeka belajar bukan memberikan kepada guru dan siswa untuk bebas menentukan apapun baik materi maupun target atau proses pembelajaran tanpa arah yang jelas.

Namun merdeka belajar adalah kemerdekaan dalam proses pembelajaran yang bebas dari rasa takut, tidak terpaku aturan administratif yang kaku yang dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi guru  dan siswanya, merdeka belajar adalah bebas dari tekanan intimidasi bagi perserta pembelajaran baik guru maupun siswanya.

Guru merdeka Belajar; Progam Merdeka belajar bukan memberikan kepada guru dan siswa untuk bebas menentukan apapun baik materi maupun target atau proses pembelajaran tanpa arah yang jelas, namun merdeka belajar adalah kemerdekaan dalam proses pembelajaran yang bebas dari rasa takut, tidak terpaku aturan administratif yang kaku yang dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi guru  dan siswanya, merdeka belajara adalah bebas dari tekanan intimidasi bagi perserta pembelajaran baik guru maupun siswanya.

Meminjam istilah Pieter Sangga Lewar yang ditulisnya di kompasiana bahwa Merdeka Belajar adalah 
melepaskan "pasungan" gaya pengajaran tradisional: yang memenjarakan tubuh dalam wilayah yang terbatas, memasung energi pada kegiatan yang terbatas, membatasi stimulasi indra dan interaksi sosial, membatasi pengalaman-pengalaman di kelas, dan menomorduakan inisiatif dan kreativitas atas hal-hal lain.

Lalu apa yang harus dilakukan guru dalam perannya memerdekakan belajar ?

Kualitas dan profesionalitas guru menjadi syarat mutlak sebuah pembelajaran berjalan dengan penuh makna dan penuh nilai, silahkan cek guru profesional disini. 

Seorang guru profesional akan menghadirkan pembelajaran yang berkualitas yang akan bermuara pada output siswa yang berkualitas. 

Untuk bisa berkualitas dibutuhkan nilai diri dan dukungan dari pemangku kepentingan serta ekosistem  pendidikan yang cocok bagi pengembangan dirinya.  

Seorang guru merdeka belajar harus senantiasa mengembangkan dirinya. lebih lanjut tentang komunitas belajar /ekosistem pembelajaran DISINI.

Empat pintu pengembangan guru merdeka belajar kemdikbud :

  1. Kemerdekaan ; Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan menentukan tujuan, cara dan refleksi belajar untuk terus menerus melakukan pengembangan diri, seperti: terlibat dalam menetapkan target kinerja sekolah dan guru, memilih pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, dan melakukan refleksi berkala terhadap capaian dan proses mencapai target.
  2. Kompetensi ;  Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.
    Kompetensi ;  Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.
  3. Kolaborasi ;  Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan melakukan kolaborasi dengan guru dan komunitas untuk menghasilkan karya atau mencapai tujuan bersama, seperti: kesempatan berinteraksi ke sekolah lain, kesempatan terlibat di komunitas yang relevan dan kesempatan melakukan proyek bersama. silahkan cek tentang MGMP, Lesson Studi atau LSLC (Lesson Study for Learning Community)
  4. Karier ; Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan untuk mengenali, memilih, merencanakan dan mengembangkan karier sesuai potensi dan aspirasinya dengan tetap mengajar di kelas, seperti kesempatan berkarya, kesempatan mengenalkan karya melalui presentasi, pameran atau di web/aplikasi dan mendapat umpan balik terhadap karyanya.

Guru Merdeka Belajar adalah guru yang senantiasa merefleksi dirinya untuk menyesuaikan pemikiran  dan perbuatannya terhadap perubahan dalam upaya mencapai tujuan. 

Tiga hal yang harus senantiasa dimiliki dan dilakukan seorang guru merdeka belajar adalah  ;

1. Berkomitmen pada tujuan ; 

  • melakukan praktik yang membuat sadar utuh terhadap pemelajaran yang esensial ; 
  • memahami dan memprioritaskan murid sebagai subyek dalam pembelajaran ; 
  • menetapkan tujuan dan target yang menantang tapi realistis dicapai dalam pembelajaran dan pengembangan diri

2. Mandiri pada cara

  • Merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan kesiapan murid
  • mencari cara yang efektif yang ditemui pada pembelajaran murid
  • mengikuti kegiatan (berkomunitas, berbagi, pelatihan, coaching dll) untuk melakukan pengembangan diri

membuat catatan reflektif harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dn apa yang perlu diperbaiki meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah/madrasah untuk memperbaiki pembelajaran Menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan balik pada rencana pembelajaran pengembangan diri
kolegialitas (www.gurusumedang.com)
3. Melakukan Refleksi diri secara berkala

  • membuat catatan reflektif harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dan apa yang perlu diperbaiki
  • meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah/madrasah untuk memperbaiki pembelajaran, silahkan lanjutkan tentang pembelajaran refleksi .
  • Menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan balik pada rencana pembelajaran pengembangan diri 

Download :

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

3 komentar untuk "Guru Merdeka Belajar"

  1. Kurikulum merdeka memang bagus untuk diberlakukan karena dapat membuat siswa aktif belajar dengan memberikan ransangan dan stimulus di awal pembelajaran. Saya sedikit sudah memberlakukan metodenya kepada peserta didik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantaps, 👍👍👍 pendidikan Indonesia akan maju jika gurunya seperti anda , sukses selalu

      Hapus
  2. Sangat menginspirasi tulisan-tulisannya

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.