Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akun belajar.id Membuat Password Kuat dan Mudah Diingat

Akun belajar.id | Membuat Password Kuat dan Mudah diingat. Bagi saya akun belajar.id sangat bermanfaat dan full fasilitasnya dari Google workspace for education dalam menghadirkan pembelajaran yang berkualitas. 

Beberapa waktu yang lalu telah terjadi pembobolan akun konsumen dari salah satu unicorn di Indonesia, bisa dan sangat merugikan kita sebagai pemilik akun.

Akun belajar.id | Membuat Password Kuat dan Mudah Diingat 

Akun belajar.id digunakan untuk berbagai hal yang menunjang kinerja dan profesionalitas sobat guru dan peserta didik, diantaranya Dapodik, Guru Berbagi, SIM PKB dan Program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak dan program lainnya yang berhubungan dengan Kemdikbud, tentunya sarat dengan data-data penting dan data pribadi sobat GS, sehingga perlu dilakukan beberapa upaya untuk menjaga akun belajar.id kita aman.

Akun belajar.id | Membuat Password Kuat dan Mudah diingat. Bagi saya akun belajar.id sangat bermanfaat dan full fasilitasnya dari Google workspace for education dalam menghadirkan pembelajaran yang berkualitas.   Beberapa waktu yang lalu telah terjadi pembobolan akun konsumen dari salah satu unicorn di Indonesia, bisa dan sangat merugikan kita sebagai pemilik akun.  Akun belajar.id | Membuat Password Kuat dan Mudah Diingat  Akun belajar.id digunakan untuk berbagai hal yang menunjang kinerja dan profesionalitas sobat guru dan peserta didik, diantaranya Dapodik, Guru Berbagi, SIM PKB dan Program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak dan program lainnya yang berhubungan dengan Kemdikbud, tentunya sarat dengan data-data penting dan data pribadi sobat GS, sehingga perlu dilakukan beberapa upaya untuk menjaga akun belajar.id kita aman.

Salah satunya dengan membuat password (kata sandi) yang kuat dan mudah diingat. Dengan begitu, akun sobat GS akan terjaga dengan baik dan aktivitas pembelajaran pun menjadi lebih aman dan nyaman.

Dibawah ini beberapa langkah penting untuk membuat password kuat dan mudah diingat yang saya sadur dari TIM belajar.id :

  • Buat password yang panjang minimal 8 karakter,semakin panjang kata sandi (password) semakin baik.
    Buat password yang panjang minimal 8 karakter,semakin panjang kata sandi (password) semakin baik.

  • Gunakan tiga kombinasi huruf, angka dan karakter, hindari membuat yang dimulai atau diakhiri spasi kosong, contoh yang tidak disarankan (lemah): sandi123
    Gunakan tiga kombinasi huruf, angka dan karakter, hindari membuat yang dimulai atau diakhiri spasi kosong, contoh yang tidak disarankan (lemah): sandi123
  • Hindari penggunaan informasi pribadi seperti; 
    • tempat dan tanggal lahir atau tahun penting, 
    • nama panggilan, 
    • nama anak atau hewan peliharaan, 
    • alamat tempat tinggal dan hal lainnya yang bersifat pribadi dan infomrasi umum
      Hindari penggunaan informasi pribadi seperti;  tempat dan tanggal lahir atau tahun penting,  nama panggilan,  nama anak atau hewan peliharaan,  alamat tempat tinggal dan hal lainnya yang bersifat pribadi dan infomrasi umum

  • Hindari kata dan pola umum yang mudah ditebak,seperti;
    • kata-kata umum seperti "katasandi" atau "password"
    • urutan huruf atau angka seperti "abcde" atau "12345"
    • pola keyboard seperti "qwerty" atau "qazwsx"
      Hindari kata dan pola umum yang mudah ditebak,seperti; kata-kata umum seperti "katasandi" atau "password" urutan huruf atau angka seperti "abcde" atau "12345" pola keyboard seperti "qwerty" atau "qazwsx"
  • Pilih topik yang dapat membantu anda mengingat password, seperti :
    • lirik dari lagu atau puisi
    • kutipan film atau pidato
    • kutipan dari buku
    • serangkaian kata yang bermakna bagi anda
      Pilih topik yang dapat membantu anda mengingat password, seperti : lirik dari lagu atau puisi kutipan film atau pidato kutipan dari buku serangkaian kata yang bermakna bagi anda
  • jika anda memiliki banyak akun otomatis banyak pula passwordnya. Kelola kata password ditempat yang aman dan tidak mudah diakses orang lain, tidak disarankan membuat password yang sama untuk semua akun, jika anda masih kesulitan mengingat kata sandi, boleh saja dipertimbangkan untuk menggunakan layanan pengelola sandi terpercaya.

jika anda memiliki banyak akun otomatis banyak pula passwordnya. Kelola kata password ditempat yang aman dan tidak mudah diakses orang lain, tidak disarankan membuat password yang sama untuk semua akun, jika anda masih kesulitan mengingat kata sandi, boleh saja dipertimbangkan untuk menggunakan layanan pengelola sandi terpercaya.

Hal-hal lainnya yang penting anda ketahui tentang belajar.id
Password yang kuat, bisa jadi sia-sia manakala kita menggunakannya dengan ceroboh. Bagi sobat GS yang sering menggunakan PC /laptop bersama dikantor dan sekolah /warnet biasakanlah ketika memakai PC publik menggunakan window incognito, untuk keamanan sobat GS manakala masuk ke akun pribadi.
Hal penting lainnya,bagi sobat GS yang sering menggunakan PC /laptop bersama dikantor dan sekolah /warnet biasakanlah di tempat publik menggunakan window incognito, untuk keamanan sobat GS manakala masuk ke akun pribadi.  Dengan menggunakan windows incognita, apa yang sobat GS lakukan tidak akan direkam dan tidak akan menyimpan data email atau password ketika kita login ke akun pribadi.

Walau di PC publik sobat GS bisa menjelajah secara pribadi, dan orang lain yang menggunakan perangkat ini tidak akan melihat aktivitas Anda. namun untuk unduhan, bookmark, dan item daftar bacaan akan disimpan. 

Chrome incognito tidak akan menyimpan informasi berikut: 
  1. Riwayat penjelajahan Anda
  2. Cookie dan data situs seperti data email maupun password ketika kita login ke akun pibadi
  3. Informasi yang dimasukkan dalam formulir 
Selamat mencoba,Special thanks to Mr Steven Sutantro from Refo Indonesia
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Akun belajar.id Membuat Password Kuat dan Mudah Diingat "

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.