Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid | Guru Penggerak

Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang berpihak pada Murid | Guru Penggerak. Calon guru penggerak adalah kandidat kepala sekolah masa  depan yang diharapkan memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah yang berpihak pada murid.

Calon guru penggerak diharapkan menjadi prakarsa perubahan dan mampu  mendorong untuk berkolaborasi serta mengoptimalkan  semua potensi dan aset sekolah dalam merancang program yang berpihak pada kepemimpinan murid.
Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang berpihak pada Murid | Guru Penggerak. Calon guru penggerak adalah kandidat kepala sekolah masa  depan yang diharapkan memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah yang berpihak pada murid.  Calon guru penggerak diharapkan menjadi prakarsa perubahan dan mampu  mendorong untuk berkolaborasi serta mengoptimalkan  semua potensi dan aset sekolah dalam merancang program yang berpihak pada kepemimpinan murid.

Menginisiasi Prakarsa perubahan dalam program-program yang berorientasi pada kepemimpinan murid tersebut melalui Melalui tahapan Bagja dalam memimpin kolaborasi bersama semua potensi dan aset sekolah yaitu  :
  • B-uat pertanyaan Utama (Define) ; dengan membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah penyelidikan kekuatan/potensi/ peluang; mendefinisikan tujuan; pertanyaan dibuat untuk memprovokasi/ menginisiasi perubahan (prakarsa) dan melakukan tindakan untuk menggalang atau membangun koalisi/tim perubahan > dukungan, urgensitas.
  • A-mbil Pelajaran (Discover) ; dengan menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat penyelidikan; mengidentifikasi/ mengapresiasiyang terbaik dari apa yang telah ada, menemukan "inti positif"; setiap pertanyaan dibuat dengan hatihati dan sifatnya positif dan Menentukan carakita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur.
  • G-ali mimpi (Dream); dengan :
    • menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud,  
    • membayangkan dan menggambarkan masa depan 
    • gambaran masa depan dimunculkan dari contohcontoh yang membumi dari masa lalu yang positif 
    • mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).
  • J-abarkan rencana (Design) ; dengan ;
    • Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkahlangkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera, dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian; 
    • Menciptakan organisasi yang ideal demi mencapai mimpi; 
    • Mempertahankan perubahan positif, atau menindaklanjuti masa lalu organisasi yang paling positif dan potensial 
    • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian bertahap
  • A-tur Eksekusi (Deliver), dengan ;
    • Menentukan siapa yang berperan dalam pengambilan keputusan;  
    • Merupakan awal dari penciptaan ‘budaya belajar apresiatif’ yang berkelanjutan; 
    • Menyelaraskan interaksi setiap orang (unsur) terlibat agar dapat bersama-sama menciptakan (co-create) masa depan 
    • Mendesain jalurkomunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol/SOP, knowledge management, monev/refleksi)

Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid | Guru Penggerak

Sobat PP serta para CGP berikut sekilas program Lokakarya 5 Kolaborasi dalam pengelolaan program yang berpihak pada murid.

PEMAHAMAN BERMAKNA 

Menjalankan tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA) membantu Calon Guru Penggerak dalam merancang program berorientasi pada kepemimpinan murid (student agency) dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah. 

PRODUK YANG DIHASILKAN 

  1. Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.  
  2. Strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi. 
  3. Rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. 

TUJUAN BELAJAR 

  1. Calon guru penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi. 
  2. Calon guru penggerak dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut.  
  3. Calon guru penggerak dapat mulai membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. 

INDIKATOR KEBERHASILAN 

  1. Calon guru penggerak menghasilkan rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan, A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi).  
  2. Calon guru penggerak menghasilkan strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi. 
  3. Calon guru penggerak menghasilkan perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. 

AGENDA 

  1. Pembukaan. 
  2. Diskusi hasil aksi nyata tahap B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran).  
  3. Diskusi penentuan aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi dan menyusun strategi pelibatan aktor tersebut.  
  4. Membuat rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. 
  5. Penutup. 

PERANGKAT LOKAKARYA 

  1. PPT Lokakarya 5 
  2. Modul Rencana Moderasi Lokakarya 5, Kolaborasi dalam pengelolaan program yang berpihak pada murid.

Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid | Guru Penggerak


Demikian sekilas program Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid yang disadur dari modul rencana moderasi Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang Berpihak Pada MuridProgam Guru Penggerak kemdikburistek.
Semoga Bermanfaat.


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Lokakarya 5 Kolaborasi Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid | Guru Penggerak"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.