Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Membuat Biodiesel dari Minyak Jelantah

LKPD Membuat Biodiesel dari Minyak Jelantah | Saat ini konsumsi bahan bakar terus meningkat, belum lagi harga yang semakin mahal dan yang pasti menyisakan limbah yang berdampak serius pada lingkungan. Sehingga kebutuhan bahan bakar yang murah, dan ramah lingkungan sudah sangat mendesak.

Para ilmuwan telah berupaya untuk menyelidiki sumber energi baru yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan terbarukan. Dalam eksperimen yang akan dipaparkan dibawah ini adalah biodiesel disintesis dari limbah yang dapat terurai secara hayati yaitu biodiesel dari minyak nabati, yang saya cuplik dari karya Sam Kamsann, Huot Seang Hay yang dipublikasikan oleh seadstem.org

LKPD Membuat Biodiesel dari Minyak Jelantah | Saat ini konsumsi bahan bakar terus meningkat, belum lagi harga yang semakin mahal dan yang pasti menyisakan limbah yang berdampak serius pada lingkungan. Sehingga kebutuhan bahan bakar yang murah, dan ramah lingkungan sudah sangat mendesak.  Para ilmuwan telah berupaya untuk menyelidiki sumber energi baru yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan terbarukan. Dalam eksperimen yang akan dipaparkan dibawah ini adalah biodiesel disintesis dari limbah yang dapat terurai secara hayati yaitu biodiesel dari minyak nabati, yang saya cuplik dari karya Sam Kamsann, Huot Seang Hay yang dipublikasikan oleh seadstem.org

Melalui bakteri-bakteri penghancur selulosa pada tanaman untuk membuat larutan etanol. etanol dari tanaman/nabati inilah bisa untuk mengganti bensin. etanol dari tanaman ini disebut biodiesel, sehingga biodiesel ini disebut juga energi tanaman karena berasal dari tanaman yang dapat tumbuh dan diganti.

LKPD Membuat Biodiesel dari Minyak Jelantah

Di Indonesia Minyak Jelantah adalah limbah minyak goreng dari minyak sawit yang sangat berlimpah dan sering dibuang begitu saja sehingga mencemari lingkungan apalagi jika di buang langsung ke dalam tanah serta perairan. Padahal minyak jelantah  ini bisa dijadikan sumber energi terbarukan. 

Upaya membuat biodiesel  dari minyak jelantah ini menggunakan prinsip-prinsip kimia dan biologi, untuk itu kita hadirkan untuk peserta didik di tingkat sekolah menengah agar bisa mendayagunakan limbah minyak jelantah disekitar lingkungannya sebagai sumber energi terbarukan.


Di Indonesia Minyak Jelantah adalah limbah minyak goreng dari minyak sawit yang sangat berlimpah dan sering dibuang begitu saja sehingga mencemari lingkungan apalagi jika di buang langsung ke dalam tanah serta perairan. Padahal minyak jelantah  ini bisa dijadikan sumber energi terbarukan.   Upaya membuat biodiesel  dari minyak jelantah ini menggunakan prinsip-prinsip kimia dan biologi, untuk itu kita hadirkan untuk peserta didik di tingkat sekolah menengah agar bisa mendayagunakan limbah minyak jelantah disekitar lingkungannya sebagai sumber energi terbarukan.

Topik LKPD membuat biodiesel dari minyak jelantah ini berhubungan dengan perubahan iklim dan energi berkelanjutan

Tujuan Utama

  1. Memahami proses sintesis biodiesel dari minyak jelantah.
  2. Menentukan data yang berasal dari sintesis biogas dari minyak.
  3. Membandingkan karakteristik dan kualitas diesel sintetis dan biodiesel.

Alat dan Bahan

A. Alat

  1. Mesin magnetis
  2. timbangan digital
  3. wadah ukur/
  4. gelas ukur
  5. lesung dan alu
  6. pipet
  7. bola lampu
  8. labu erlenmeyer
  9. tabung reaksi
  10. korek api
  11. lampu spirtus
  12. corong 

B. Bahan

  1. Minyak jelantah
  2. NaOH (natrium Hidroksida)
  3. Na2SO4 (Sodium Sulfat)
  4. CH2OH (methanol)
  5. Air
  6. Diesel (solar)
  7. Kertas Aluminium

Pertanyaan Panduan

  1. Apakah minyak jelantah benar-benar bisa terurai secara alami?
  2. Bagaimana kualitas dan hasil dari sintesis biomassa?
  3. Apakah sintesis biomassa terlihat sama atau berbeda dari bahan bakar biasa?

Langkah Kerja

Langkah kerja Membuat Biodiesel dari Minyak Jelantah :
  1. Masukkan 0,5 gram Natrium Hidroksida ke dalam labu erlenmeyer yang menganduung 14 ml metanol dengan kabel resonansi magnetik, tunggu 5-10 menit agar bubuk larut (pada tahap ini,natrium klorida diproduksi-berhati-hatilah)
  2. tuangkan 60 ml minyak jelantah ke dalam larutan metanol yang disebutkan diatas
  3. rebus campuran diatas antara 20-30 menit pada suhu 50o C
  4. biarkan campuran dingin, gunakan corong pemisah untuk memisahkan komponen. tunggu beberapa saat agar campuran benar-benar terpisah. Biodiesel berada di bagian atas, sementara gliserin dibagian bawah. Buanglah cairan yang ada dibawah.
  5. tuang cairan diatas ke dalam air panas, tunggu beberapa saat dan kemudian pisahkan air dari cairan. Ulangi langkah ini sebanyak empat kali.
  6. tuang cairan yang tersisa ke dalam labu erlenmeyer
  7. masukkan cairan ini ke dalam saringan
  8. cairan yang disaring adalah biodiesel
  9. ukur volume biodiesel yang dihasilkan dan hitung persentase dari 60 ml limbah minyak yang digunakan yang diubah menjadi biodiesel
Kiat untuk Guru : Agar mendapatkan hasil yang spesifi k, guru dan siswa hendaknya melakukan percobaan sekurang-kurangnya lima kali. Catatlah massa dan hitung volume rata-rata biomassa. Volume rata-rata minyak yang dihasilkan adalah 40,14 ml atau 67%. Limbah minyak tersebut dapat disintesis menjadi biodiesel yang dapat dimanfaatkan.) 
Silahkan scrolling LKPD-1 Membuat Biodiesel dari minyak jelantah dibawah ini :

Uji Hasil Biodiesel

Untuk melihat sejauh mana perbandingan antara diesel (solar), biodiesel dan minyak jelantah silahkan lakukan pengujian berikut ini :

1. Uji Lampu
2. Uji Coba dengan Kertas Aluminium

Silahkan scrolling LKPD-2 Uji Biodiesel dari hasil pembuatan biodiesel minyak jelantah

Sumber daya

Selengkapnya LKPD membuat biodiesel dari minyak jelantah yang dapat sobat unduh :

Penilaian 

Rubrik penilaian projek/eksperimen membuat biodiesel dari Minyak Jelantah :
 Kriteria Evaluasi  4  3   2   1 
Prosedur Langkah-langkah percobaan disebutkan secara urut dan jelas. Setiap langkah diberikan nomor dan ditulis dalam kalimat lengkap. Setiap tahap percoban dilakukan secara mandiri dan tepat Langkah-langkah percobaan disebutkan dalam urutan logis, tetapi tidak diberi nomor dan/atau tidak ditulis dalam kalimat lengkap. Sebagian besar tahap percobaan dilakukan secara mandiri dan tepat.Langkah-langkah percobaan disebutkan, tetapi tidak dalam urutan logis dan sulit diikuti. Perlu bantuan untuk melakukan setiap tahap percobaan

Langkah-langkah percobaan yang disebutkan tidak akurat. Tahap-tahap percobaan hampir tidak dilakukan atau tidak dilakukan sama sekali, meskipun ada bantuan
kemampuan menjelaskan proses produksi biodiesel Menunjukkan pemahaman yang jelas tentang produksi biodiesel Menunjukkan pemahaman yang jelas tentang produksi biodiesel, tetapi tidak bisa menjelaskannya langkah-langkahnyaMenunjukkan pemahaman di permukaan tentang proses produksi biodieselTidak mampu menunjukkan pemahaman terhadap proses produksi biodiesel

LKPD Topik STEM lainnya 

LKPD Topik STEM lainnya yang tidak kalah menarik :
Demikian LKPD membuat Biodiesel dari Minyak jelantah, yang dapat sobat guru gunakan di sekolah masing-masing berbasis pendekatan STEM, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "LKPD Membuat Biodiesel dari Minyak Jelantah"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.