Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X

Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X Kurikulum Merdeka. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar mantap secara spiritual, berakhlak mulia, dan memiliki pemahaman akan dasar-dasar agama Islam serta cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

modul ajar pai sma fase e kelas x, modul pai kelas 10 pdf, modul ajar pai sma sekolah penggerak, modul ajar pai smk pk, download modul pai sma kelas 11, modul ajar pai kelas x sekolah penggerak, modul ajar pai sma kurikulum merdeka, modul pai smk pdf, modul pai kelas 10 semester 1


Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X 


modul ajar pai sma fase e kelas x, modul pai kelas 10 pdf, modul ajar pai sma sekolah penggerak, modul ajar pai smk pk, download modul pai sma kelas 11, modul ajar pai kelas x sekolah penggerak, modul ajar pai sma kurikulum merdeka, modul pai smk pdf, modul pai kelas 10 semester 1

Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti secara umum harus mengarahkan peserta didik kepada 

  1. kecenderungan kepada kebaikan (al-ḥanīfiyyah), 
  2. sikap memperkenankan (al-samḥah), 
  3. akhlak mulia (makārim al-akhlāq), dan 
  4. kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). 

Sehingga Modul ajar PAI SMA Fase E Kelas X Kurikulum Merdeka, dirancang untuk menjadi panduan guru dalam penghadirkan proses pembelajaran PAI yang menerapkan dasar-dasar diatas oleh peserta didik.dalam beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., menjaga diri, peduli atas kemanusiaan dan lingkungan alam. 

Deskripsi dari penerapan ini akan tampak dalam beberapa elemen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terutama dalam akhlak pribadi dan sosial, akidah, syari’at dan sejarah peradaban Islam.

Modul ajar PAI SMA Fase E kelas X Kurikulum Merdeka ini merupakan panduan agar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bisa menjadi pedoman bagi peserta didik dalam menjaga diri dan menerapkan akhlak mulia setiap hari. 

Dengan mempelajari dan menghayati Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, peserta didik mampu menghindari segala perubahan negatif yang terjadi di dunia sehingga tidak mengganggu perkembangan dirinya baik dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusia, maupun alam semesta.

Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X 

Dengan konteks Indonesia pada abad 21 yang semakin kompleks, pemahaman yang mendalam tentang agama sangat dibutuhkan, terutama dalam menghormati dan menghargai perbedaan. Pelajaran agama tidak hanya membahas hubungan manusia dengan Allah (ḥabl min Allāh), namun juga hubungan dengan diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusia (ḥabl min al-nās) dan alam semesta. 

Untuk itu, modul ajar PAI SMA Fase E kelas X kurikulum medeka ini dirancang dengan berbagai pendekatan yang beragam seperti :

Berbagai pendekatan ini memberi ruang bagi tumbuhnya keterampilan yang berharga seperti budaya berpikir kritis, kecakapan berkomunikasi dan berkolaborasi, dan menjadi peserta didik yang kreatif.

Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X 

Berikut ini Modul Ajar PAI SMA Fase E kelas X Kurikulum merdeka, yang disusun oleh guru-guru porgram sekolah penggerak yang mudah-mudahan dapat memuaskan sobat gurusumedang dan bisa dijadikan rujukan dalam membuat modul ajar yang sesuai konteks dan karaktersistik peserta didik serta satuan pendidikan.

Buku Teks Guru dan Siswa

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru PAI Kelas X  Kurikulum merdekaDownload
2Buku Siswa PAI Kelas X Kurikulum merdekaDownload

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran

NoCP &ATPDownload
1Capaian Pembelajaran PAI Download
2Alur Tujuan Pembelajaran PAIDownload

Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X

No  Topik /Modul Penyusun Download
1Al-Qur'anAhmad Taupik,S.Pdi,M.Pd  Download
2 AkhlaqAhmad Taupik,S.Pdi,M.Pd Download
3Sejarah peradaban IslamAhmad Taupik,S.Pdi,M.Pd Download
4 cinta(mahabbah), takut(khauf),
berharap(raja’), tawakal
Ahmad Taupik,S.Pdi,M.Pd Download
5al-kulliyat al-khamsah, lima prinsip
dasar hukum Islam
Ahmad Taupik,S.Pdi,M.Pd Download

Atau silahkan dilink berikut untuk modul PAI dan contoh modul ajar lainnya dalam bentuk MS Word:

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA lainnya semua mapel di:  Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul ajar PAI SMA Fase E Kelas X yang layak dijadikan contoh dan rujukan, semoga bermanfaat.


Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

24 komentar untuk "Modul Ajar PAI SMA Fase E Kelas X "

  1. terima kasih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. modul ajar yang resmi dikurasi oleh kemdikbud di portal merdeka belajar kelas XI-XII belum muncul, mungkin sobat GS PAI ada yang bisa membantu

      Hapus
  2. TERIMAKASIH, ADA YG KELAS XI?

    BalasHapus
  3. Itu untuk semester 1 atau 1 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek kesesuaiannya dengan CP nya

      Hapus
    2. Bisa bantu bagi modul pai kls x.trimaksih

      Hapus
    3. silahkan tinggal anda download

      Hapus
  4. Terimakash , sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. adakah modul ajar pai fase f

    BalasHapus
  6. adakah modul ajar pai fase f

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sampai saat ini admin GS belum menemukan modul ajar fase f yang resmi dari kemdikbud

      Hapus
  7. Terimakasih BPK,semoga berkah dan menjadi amal jariah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga terlimmpah untuk para penyusunnnya

      Hapus
  8. Terima kasih murah rezekinya, panjang umurnya, sehat selalu ya bapak/ibu...

    BalasHapus
  9. Maaf, Adakah ATP dan modul Pai kelas XI SMA?

    BalasHapus
  10. apakah ini bisa digunakan untuk semeseter 2?

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.