Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul P5 "Ecoprint" Gaya Hidup Berkelanjutan

Modul P5 "Ecoprint" Gaya Hidup Berkelanjutan Gaya hidup berkelanjutan adalah sebuah konsep kehidupan yang mengedepankan kesadaran terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi, dan Ecoprint merupakan metode pencetakan tekstil yang ramah lingkungan menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, dan kulit buah.

Modul P5 "Ecoprint" Gaya Hidup Berkelanjutan

Salah satu pencemar organik yang bersifat non biodegradable adalah zat warna tekstil. dan Indonesia termasuk negara produser tekstil yang sangat besar. Sehingga ancaman pencemaran lingkungan besar sekali terjadi. 

Modul P5 "Ecoprint" Gaya Hidup Berkelanjutan | Gaya hidup berkelanjutan adalah sebuah konsep kehidupan yang mengedepankan kesadaran terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi, dan Ecoprint merupakan metode pencetakan tekstil yang ramah lingkungan menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, dan kulit buah. Modul P5 "Ecoprint" Gaya Hidup Berkelanjutan Salah satu pencemar organik yang bersifat non biodegradable adalah zat warna tekstil. dan Indonesia termasuk negara produser tekstil yang sangat besar. Sehingga ancaman pencemaran lingkungan besar sekali terjadi.

Zat warna tekstil umumnya dibuat dari senyawa azo dan turunannya yang merupakan gugus benzena. Senyawa azo bila terlalu lama berada di lingkungan, akan menjadi sumber penyakit karena sifatnya karsinogen dan mutagenik maka perlu dicari alternatif efektif untukmenguraikan limbah tersebut (Christina, 2007). Senyawa azo memiliki struktur umum R─N═N─R’, dengan R dan R’ adalah rantai organik yang sama atau berbeda. Senyawa ini memiliki gugus ─N═N─ yang dinamakan struktur azo (Widjajanti dkk, 2011). 

Tujuan Pembelajaran Ecoprint

Melalui Projek pada modul P5 Ecoprint Gaya hidup Berkelanjutan ini dapat memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pelajar, dengan penekanan khusus pada gaya hidup berkelanjutan dan teknik ecoprint. 

Gaya hidup berkelanjutan adalah sebuah konsep yang mengedepankan kesadaran terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi, sedangkan ecoprint adalah metode pencetakan tekstil yang ramah lingkungan menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, dan kulit buah.

Melalui penggabungan nilai-nilai tradisional dengan teknologi modern seperti ecoprint, projek ini berusaha untuk menciptakan perubahan positif dalam sikap dan tindakan pelajar terhadap lingkungan dan Alam

Banyak keunggulan yang dapat diperoleh melalui kegiatan ecoprint diantaranya 
  • Pendidikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila : Memperkuat pemahaman pelajar terhadap nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman, Bertaqwa terhadap Tuhan YMe dan berakhlak mulia, juga Kreatif sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kesadaran Lingkungan, Mendorong pelajar untuk menjadi warga yang peduli terhadap lingkungan dengan mengajarkan prinsip-prinsip gaya hidup berkelanjutan.
  • Penerapan Ecoprint: Mengajarkan pelajar teknik pencetakan ecoprint sebagai salah satu cara berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.

Langkah-langkah Projek Ecoprint

  1. Pelatihan Gaya Hidup Berkelanjutan: Mengadakan pelatihan yang membahas konsep-konsep gaya hidup berkelanjutan, termasuk penggunaan baju yang bijak dan dampak berbahaya dari bahan kimia pada baju.
  2. Pembelajaran Ecoprint: Mengajar pelajar tentang teknik ecoprint, termasuk pengenalan bahan-bahan alami yang dapat digunakan, proses pencetakan, dan cara merawat produk yang dihasilkan.
  3. Projek Ecoprint: Meminta pelajar untuk menerapkan keterampilan ecoprint yang telah mereka pelajari untuk menciptakan produk-produk berbahan alami yang berkesan seni dan ramah lingkungan.
  4. Presentasi dan Pameran: Mengadakan acara presentasi dan pameran karya pelajar untuk memamerkan hasil kerja mereka kepada masyarakat, serta menggali gagasan tentang bagaimana ekspresi seni dapat mempromosikan nilai-nilai Pancasila dan kesadaran lingkungan.
  5. Evaluasi dan Umpan Balik: Melakukan evaluasi terhadap dampak projek terhadap pemahaman dan perilaku pelajar terkait Pancasila dan gaya hidup berkelanjutan, serta mengumpulkan umpan balik dari partisipan untuk perbaikan di masa mendatang.

Download Modul P5 Ecoprint 

Modul  yang ada di hadapan sobat GS ini bertema Gaya Hidup berkelanjutan dengan topik Ecoprint untuk Fase D siswa SMP yang disusun oleh Tim SMPN 1 Jatinunggal, yang bisa diakses dan diunduh di App Merdeka Mengajar  dan telah dikurasi oleh Kemdikbudristek, 

Guru sumedang hanya sebatas ikut serta menyebarluaskan modul P5 Ecoprint ini, agar bisa diamati dan ditiru kemudian dimodifikasi sesuai karakteristik peserta didik dan situasi dan kondisi satuan pendidikannya masing-masing.

Selengkapnya modul P5 Ecoprint Gaya Hidup berkelanjutan yang disusun SMPN 1 Jatinunggal :


Atau silahkan unduh Modul P5 Ecoprint Gaya Hidup berkelanjutan ini pada tombol download berikut ini :

Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

Demikian Modul P5 Ecoprint Gaya Hidup berkelanjutan, semoga bermanfaat.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul P5 "Ecoprint" Gaya Hidup Berkelanjutan"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.