Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul Projek

Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul Projek dalam kurikukulum merdeka, Kewajiban seorang guru  adalah menghadirkan proses pembelajaran yang bermakna, sehingga bisa menghantarkan peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. 

Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan perangkat ajar sebagai panduan dan perangkat guru  dalam menjalankan tugasnya tersebut. Perangkat ajar tersebut adalah, modul ajar, bahan ajar dan modul Projek P5, berikut ini penjelasan singkat tentang perbedaan modul ajar, bahan ajar dan modul projek. 

Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul Projek dalam kurikukulum merdeka, Kewajiban seorang guru  adalah menghadirkan proses pembelajaran yang bermakna, sehingga bisa menghantarkan peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.   Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan perangkat ajar sebagai panduan dan perangkat guru  dalam menjalankan tugasnya tersebut. Perangkat ajar tersebut adalah, modul ajar, bahan ajar dan modul Projek P5, berikut ini penjelasan singkat tentang perbedaan modul ajar, bahan ajar dan modul projek.

1. Modul Ajar

Pengertian Modul Ajar

Modul ajar merupakan dokumen yang terdiri dari : tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan dalam satu pokok bahasan berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan  dalam Lesson study yang memuat rencana pembelajaran di kelas, namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga sering disebut RPP Plus.

manfaat Modul ajar bagi sobat guru adalah : 
  • Memandu guru dalam melaksanakan pembelajaran;
  • Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; 
  • Rujukan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran; 
  • Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan langkah dan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.
  • Menjadi kompas guru dalam pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

 Acuan Modul Ajar

Capaian Pembelajaran pada setiap fase yang sesuai, yang diuraikan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Pengampu

Wali kelas dan Guru Mata Pelajaran.

Contoh modul ajar :

2. Bahan Ajar

Pengertian Bahan Ajar

Bahan ajar adalah materi pembelajaran dalam satu pokok bahasan, dapat berupa media cetak seperti artikel, komik, infografis maupun noncetak seperti (audio dan video. Bahan ajar merupakan alat bantu peserta didik untuk pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran.

Dalam Platform Merdeka Mengajar, Bahan Ajar juga dapat dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada capaian dan tujuan pembelajaran spesifik.

Jenis bahan ajar bisa berupa:
  • Referensi materi : Perangkat yang dirancang untuk membantu dalam penjelasan materi atau topik secara spesifik.
  • Latihan/asesmen : Perangkat yang dirancang untuk membantu asesmen siswa, baik asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif. 
  • Instrumen Refleksi : Alat bantu untuk refleksi pendidik dan siswa setelah pembelajaran.

Acuan Bahan Ajar

Tujuan Pembelajaran.

Pengampu

Wali kelas dan Guru Mata Pelajaran.

Contoh bahan ajar:

  • Buku peserta didik (Buku Siswa)
  • Buku Pendidik (Buku Guru)
  • Video pembelajaran
  • itu semua bisa anda cari di link berikut : Buku siswa dan buku Guru

3. Modul Projek

Pengertian Modul Projek

Modul projek adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

Modul projek bertujuan untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifat lintas disiplin, yang telah ditentukan oleh Kemendikbudristek.

Acuan Modul Projek

Pengampu

Tim fasilitator projek

Contoh modul projek: 

Contoh modul dapat anda telusuri pada link berikut ini :
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul Projek"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.