Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA

Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA | OSN/Olimpiade Sains Nasional merupakan kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta di atas rata-rata. 

Peserta didik yang mengikuti ajang talenta, OSN 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat akan mendapatkan tantangan terutama dalam menghasilkan suatu karya dan menjadi yang terbaik. sehingga ajang talenta ini  adalah bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan, dan diharapkan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju profil pelajar Pancasila. 

Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA | OSN/Olimpiade Sains Nasional merupakan kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta di atas rata-rata.   Peserta didik yang mengikuti ajang talenta, OSN 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat akan mendapatkan tantangan terutama dalam menghasilkan suatu karya dan menjadi yang terbaik. sehingga ajang talenta ini  adalah bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan, dan diharapkan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju profil pelajar Pancasila.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan ajang talenta setiap tahun di berbagai bidang. Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), BPTI/Puspresnas melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit-bibit talenta unggul di bidang-bidang Riset dan Inovasi; Seni dan Budaya; serta Olahraga. 

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada minat dan bakat. 

OSN 2024 SMA/MA/sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN 2024 SMA/MA/sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari seluruh provinsi. 

Mekanisme  bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial. 

1. Tujuan OSN 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat 

Tujuan umum penyelenggaraan OSN: 

  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  3. Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat.  
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan. 

Tujuan Khusus penyelenggaraan OSN: 

  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam cabang lomba  Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. 
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional. 
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains. 

2. Sasaran OSN 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat

Sasaran pelaksanaan OSN adalah peserta didik SMA/MA/sederajat dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, baik negeri maupun swasta, yang telah lolos melalui seleksi OSN-S (ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan), OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia). 

3. Bidang dan Cabang Lomba OSN 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat

Bidang dan Cabang Lomba Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) masuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. Cabang lomba dalam  OSN adalah: 

  1. Matematika 
  2. Fisika 
  3. Kimia 
  4. Informatika/Komputer 
  5. Biologi 
  6. Astronomi 
  7. Ekonomi 
  8. Kebumian 
  9. Geografi 

4. Sarana dan Prasarana OSN 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat

Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk penyelenggaraan OSN jenjang SMA: 

  1. Ruang kerja peserta lomba beserta kelengkapannya untuk pengerjaan soal tertulis dan/atau computer based test. 
  2. Laboratorium dan peralatan praktik 
  3. Lokasi observasi/praktik lapangan 
  4. Komputer/laptop 
  5. Alat peraga/penunjang presentasi 
  6. Aplikasi lomba 
  7. Kalkulator 
  8. Jaringan internet

5. Mekanisme OSN 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat

Penyelenggaraan OSN dilakukan secara  berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan,  tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Tingkatan ini merupakan tahapan proses seleksi dimana setiap tahapan mempunyai ketentuannya tersendiri. Adapun penyelenggaraan pada setiap  jenjang adalah sebagai berikut: 

  1. Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S) Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S). OSN-S diselenggarakan oleh masing-masing sekolah/satuan pendidikan, dengan ketentuan seleksi yang dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah atau Kepala Satuan Pendidikan. Peserta terbaik hasil seleksi sekolah/satuan pendidikan akan menjadi wakil sekolah/satuan pendidikan ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-K. 
  2. Olimpiade Sains Nasional tingkat Kab/Kota (OSN-K)  OSN-K diselenggarakan oleh masing-masing cabang dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumberdaya. Ketentuan pelaksanaan OSN-K mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-K akan menjadi wakil kabupaten/kota ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-P. 
  3. Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P)  OSN-P diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN-P mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-P dan dengan kriteria penilaian tertentu akan menjadi peserta OSN tingkat nasional. 
  4. Olimpiade Sains Nasional (OSN) OSN Tingkat Nasional atau disebut OSN diselenggarakan oleh BPTI  bekerja sama dengan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek.  

Penghargaan pemenang Ajang OSN 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat

Penghargaan diberikan kepada peserta didik yang berhasil mencapai prestasi terbaik pada tingkatan masing-masing, mulai dari satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. 

Penghargaan pada tahap OSN-S menjadi ranah kebijakan satuan pendidikan,  OSN-K dan OSNP menjadi ranah kebijakan cabang dinas atau dinas pendidikan provinsi daerah masing-masing. Penghargaan pada tingkat nasional diberikan oleh BPTI dalam bentuk sertifikat, medali, dan uang pembinaan. 

Terdapat penghargaan lainnya untuk menunjang fasilitasi karir belajar, seperti beasiswa dan  pembinaan ajang talenta tingkat internasional. Peserta didik yang berhasil meraih prestasi terbaik di tingkat nasional akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2025. 

Tempat pelaksanaan kompetisi sains tingkat internasional tahun 2025 adalah: 

  1. International Mathematical Olympiad (IMO):  Australia 
  2. International Physics Olympiad (IPhO): Perancis 
  3. International Chemistry Olympiad (IChO): Riyadh, Arab Saudi 
  4. International Olympiad in Informatics (IOI):  La Paz, Bolivia 
  5. International Biology Olympiad (IBO): Quezon City, Filipina 
  6. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA): to be decided (TBD). 
  7. International Economics Olympiad (IEO): to be decided (TBD). 
  8. International Earth Science Olympiad (IESO): Bangalore, India 
  9. International Geography Olympiad (iGeo): Bangkok, Thailand 

Download Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat

Pedoman ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang OSN SMA/MA/sederajat kepada para peserta, pemandu talenta, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Dimulai dari bagaimana syarat registrasi dan formulir apa saja yang harus di sediakan, alat penunjang sarana prasarana lomba, mekanisme, silabus, penilaian dan jadwal pelaksanaan OSN 2024 tingkat SMA/MA Sederajat serta lainnya bisa anda telusuri dibawah ini :

Atau untuk mendownload Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA sederajat silahkan klik tombol biru berikut :

Informasi tentang OSN 2024 lainnya bisa anda cermati pada link dibawah ini :

Sedangkan Jadwal pelaksanaan OSN 2024 silahkan anda cermati link : Jadwal OSN 2024 SD-SMP-SMA

Demikian Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA sederajat yang dapat kami paparkan , Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil optimal dan Salam Sukses.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Pedoman OSN 2024 Tingkat SMA/MA"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.