Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus OSN Geografi SMA 2024

Silabus OSN Geografi SMA 2024 | Olimpiade siswa Nasional geografi merujuk pada Olimpiade Geografi Internasional (IGEO) dengan pembagian bobot seperti pada pembobotan materi IGEO yaitu tes tertulis (bobot 40%), tes praktek lapangan (bobot 40%), dan tes multimedia (bobot 20%). 

Tes Tertulis OSN Geografi SMA 2024

Silabus OSN Geografi SMA 2024 | Olimpiade siswa Nasional geografi merujuk pada Olimpiade Geografi Internasional (IGEO) dengan pembagian bobot seperti pada pembobotan materi IGEO yaitu tes tertulis (bobot 40%), tes praktek lapangan (bobot 40%), dan tes multimedia (bobot 20%).


Untuk pelaksanaan tes tertulis dan tes multimedia, terdapat 12 topik utama yang tersedia. Namun untuk pelaksanaan tes tertulis itu sendiri, hanya 6 topik dari 12 topik tersebut yang akan diujikan. 

Topik yang diujikan tersebut bersifat acak dan tidak dapat diprediksi, sehingga tiap negara harus mempersiapkan kontingennya agar menguasai 12 topik utama tersebut secara komprehensif. 
 
Dua belas topik tersebut adalah: 
  1. Iklim dan Perubahan Iklim 
  2. Kebencanaan dan Manajemen Bencana 
  3. Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya 
  4. Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan 
  5. Geomorfologi dan Penggunaan Lahan 
  6. Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan 
  7. Kependudukan dan Dinamika Penduduk 
  8. Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota
  9. Geografi Pembangunan dan Teori Keruangan 
  10. Pariwisata dan Manajemen Pariwisata 
  11.  Geografi Ekonomi dan Globalisasi 
  12. Geografi Budaya dan Identitas Regional 
Dua belas topik tersebut diujikan dalam ujian tertulis dan ujian multimedia.  Kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal ujian dengan baik adalah: 
  1. Kemampuan pemetaan 
  2. Kemampuan penyelidikan 
  3. Kemampuan pembacaan, penganalisaan, dan penginterpretasian data-data grafis 

Tes Praktikum OSN Geografi SMA 2024  

Tes Kemampuan pada ujian praktek OSN Geografi dan IGEO adalah : 
  1. Pengamatan, pemetaan, dan teknik pengambilan data 
  2. Analisis masalah/isu/problem keruangan di area ujian praktek 
  3. Pemecahan masalah/isu/problem keruangan, yang hasilnya dapat dirangkum dalam  proposal perencanaan ruang dan dapat pula dituangkan dalam peta perencanaan ruang 
 
Isi ujian praktek akan sangat tergantung pada lokasi pelaksanaan IGEO, dengan demikian pengetahuan mengenai lokasi pelaksanaan dan sejarah lokasi pelaksanaan sangat dibutuhkan.  

Secara lebih rinci, tes praktikum ini akan akan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: 
  1. Ujian Pengamatan, Pemetaan, dan Pengambilan Data Ujian pemetaan ini bertujuan menguji kemampuan siswa dalam memetakan suatu area.  Area yang dipetakan tersebut tentunya adalah area ujian praktek yang telah ditetapkan.  Pemetaan ini tidak mutlak benar-benar membuat peta dasar, namun dapat juga membuat  peta tematik seperti peta tata guna lahan, dan lain-lain. Kemampuan yang harus dimiliki  siswa untuk dapat meraih hasil maksimal dalam ujian ini adalah:  
    1. Kemampuan observasi  
    2. Memberikan nama/mengklasifikasikan fenomena/objek yang diobservasi  
    3. Mengidentifikasi lokasi dari fenomena/objek tersebut di peta  
    4. Dapat menggunakan dan menentukan simbol geografis yang tepat  
    5. Mendeskripsikan fenomena dalam legenda peta, serta penggunaan skala yang baik, dan   orientasi/arah yang jelas 
  2. Ujian Analisis Masalah Keruangan  Pada lokasi ujian praktek, terdapat masalah keruangan (baik nyata maupun hipotetis) yang  akan dipresentasikan pada siswa. Masalah/kasus tersebut akan berkaitan dengan  perencanaan fisik dan/atau lingkungan. Masalah/kasus akan diperkenalkan sebelum  pelaksanaan tes (dalam technical meeting), dan harus diperhatikan baik-baik oleh tiap  siswa karena berkaitan dengan prosedur dan kondisi pengerjaan tes praktek.  Setelah diperkenalkan pada masalah/kasus yang akan diujikan, siswa akan melaksanakan  observasi pada lokasi ujian praktek untuk mengambil data-data yang diperlukan, kemudian  menuliskan analisis masalah pada lembar yang telah disediakan.  
  3. Ujian Pemecahan Masalah Keruangan . Setelah ujian analisis dilaksanakan, peserta akan melaksanakan ujian pemecahan masalah  yang berhubungan dengan masalah yang dianalisis sebelumnya. Ujian ini dilaksanakan di  ruang kelas. Dalam ujian ini, siswa diminta untuk memberikan pemecahan-pemecahan dari  masalah yang berhasil dianalisisnya. Pemecahan-pemecahan tersebut kemudian  dituangkan dalam bentuk proposal singkat dan dituangkan pula dalam peta perencanaan  ruang.  Dalam pengerjaan tes praktikum tersebut, siswa juga diberikan booklet yang berisi informasiinformasi dan data yang mungkin diperlukan dalam analisis dan pemecahan masalah. 

Uraian Soal Tes Seleksi

Seleksi akan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan  nasional.    
  1. Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota ; Soal seleksi tingkat ini adalah berupa  kurang lebih 100 soal pilihan ganda.  
  2. Seleksi Tingkat Provinsi ; Soal seleksi tingkat ini adalah berupa 50 soal pilihan ganda dan beberapa soal esai. 
  3. Seleksi Tingkat Nasional ; Soal seleksi tingkat ini adalah berupa  soal esai, tes multimedia, dan tes praktek. Bobot tes   adalah 40% tes tertulis, 20% tes multimedia, dan 40% tes praktek.  

Download Silabus OSN Geografi SMA 2024 dan IGEO

Berikut ini data lengkap silabus OSN Geografi SMA 2024 yang bisa anda scrolling dan download :


Untuk lebih mengetahui isi silabus OSN Geografi SMA 2024 dan IGEO bisa anda download pada tombol biru berikut :

Penutup

Silabus OSN Geografi SMA dan IGEO secara umum telah tercantum dalam kurikulum mata pelajaran geografi di tingkat SMA . tinggal bagaimana guru dan para pembimbing lebih membimbing siswa untuk lebih menganalisis dan memahaminya lebihdalam lagi sehingga peserta didik mampu bersaing di ajang OSN Geografi dan IGEO.
 
 
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Silabus OSN Geografi SMA 2024"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.