Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus OSN Kebumian SMA

Silabus OSN Kebumian SMA  2024 | OSN Kebumian merujuk pada  International Earth Science Olympiad (IESO) yang merupakan ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian yang meliputi geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi. 

Sayangnya, kurikulum pelajaran di tingkat SMA belum mengulas ilmu kebumian yang mendalam (geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi) secara lengkap dan komprehensif . sehingga silabus OSN Kebumian SMA 2024 ini menjadi rujukan dalam mempersiapkan peserta didik mengikuti OSN Kebumian tingkat SMA.

Silabus OSN Kebumian SMA  2024 | OSN Kebumian merujuk pada  International Earth Science Olympiad (IESO) yang merupakan ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian yang meliputi geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi.   Sayangnya, kurikulum pelajaran di tingkat SMA belum mengulas ilmu kebumian yang mendalam (geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi) secara lengkap dan komprehensif . sehingga silabus OSN Kebumian SMA 2024 ini menjadi rujukan dalam mempersiapkan peserta didik mengikuti OSN Kebumian tingkat SMA.

Hal ini disebabkan oleh karena ilmu kebumian diajarkan secara parsial dengan materi yang terbatas dalam mata pelajaran geografi, bahkan sebagian materi astronomi diberikan dalam mata pelajaran fisika. 

Untuk itu materi ilmu kebumian yang diberikan baik dalam pelajaran geografi ataupun fisika harus dipelajari sebagai satu kesatuan yang saling berkaitan dan dipahami sebagai suatu sistem yang utuh mengenai bumi.  

International Geoscience Education Organization (IGEO) adalah organisasi internasional dengan anggota para pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia baik untuk tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi. 

Organisasi ini dibentuk untuk mendorong terciptanya pendidikan ilmu kebumian terutama di tingkat praperguruan tinggi di seluruh dunia yang berdasarkan pemahaman yang benar akan proses-proses alami bumi sebagai suatu sistem.  

Sistem yang dipergunakan pada OSN Kebumian SMA / olimpiade ini adalah :

  • tes tertulis (bobot 70%), dengan komponen geologi, meteorologi, astronomi, oseanografi 
  • tes praktek (bobot 30%) dengan materi geologi, astronomi dan meteorologi. Selain itu terdapat kompetisi berupa investigasi lapangan untuk setiap materi. 

Dalam Olimpiade kebumian ini juga diadakan kompetisi ITFI (International Team Field Investigation) yaitu dengan dibentuk beberapa kelompok internasional yang terdiri dari beberapa siswa dari berbagai negara. 

Dalam kompetisi ini kerjasama dan kreativitas menjadi penilaian utama untuk menentukan kelompok yang mendapatkan penghargaan tambahan.  

Berikut ini uraian lengkap silabus OSN Kebumian SMA 2024 yang dapat anda cermati untuk mempersiapkan peserta didik sehingga mampu mengikuti kompetisi /ajangnya dengan baik :

Silabus OSN Kebumian SMA berdasarkan silabus IESO 

Konsep Ilmu Kebumian harus dipahami melalui pendekatan Sistem Bumi (Earth System). Memahami bumi sebagai suatu sistem yaitu  melihat sistem alami yang ada di bumi (dan sekitarnya) secara keseluruhan sebagai faktorfaktor yang saling terkait secara integral, meliputi geosfer, hidrosfer, atmosfer (dan biosfer) serta sistem planet. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, pedoman yang harus diikuti untuk persiapan menuju IESO adalah sebagai berikut: 

  • Pedoman isi materi: 
    • Konteks materi ilmu kebumian merupakan satu sistem yang mengacu pada siklus geo-biokimia bumi. Kemampuan berpikir secara unik mengenai sistem bumi terintegrasi dalam isi materi. 
  • Pedoman pedagogis: 
    • Pembelajaran aktif (active learning). Siswa diharapkan mendapatkan pengetahuan dari suatu proses keingintahuan (inquiry-based learning). Dengan demikian proses belajar akan lebih banyak bertumpu pada kegiatan praktek/diskusi baik di laboratorium maupun di lapangan. 
    • Proses pembelajaran berkembang bertahap dari fakta konkrit menuju kesimpulan/sari. 
    • Proses pembelajaran harus mengembangkan kemampuan berpikir ilmu kebumian yaitu: 
      1. Mengamati/mengobservasi secara benar 
      2. Berpikir secara 3 dimensi 
      3. Berpikir berdasarkan skala waktu geologi (Deep Time) 
      4. Berpikir simultan dalam dimensi ruang dan waktu 
      5. Berpikir secara siklis 
      6. Berpikir secara sistem 

Ketrampilan dan kemampuan siswa yang dituntut dalam IESO adalah sebagai berikut: 

  • Mampu mengidentifikasi fenomena geosferik dalam sebuah sekuen proses suatu siklus 
  • Mampu berpikir secara siklis dalam konteks siklus material dalam sistem Bumi 
  • Mampu mengidentifikasi komponen suatu (salah satu dari) sistem bumi yang spesifik dan mengkarakterisasi ukuran, tingkat dan kompleksitas masingmasing komponen  
  • Mampu berpikir secara sistematis untuk memahami interaksi suatu sistem bumi yang spesifik dan hubungan antar komponen dalam sistem tersebut 
  • Mampu mengidentifikasi interaksi  suatu sistem bumi yang spesifik sebagai proses dinamik transisi materi dan energi 
  • Mampu mengidentifikasi komponen suatu sistem bumi yang spesifik sebagai sistem siklik
  • sirkuler dimana jumlah total materi adalah tetap tetapi transisi materi tidak terjadi pada laju yang sama 
  • Mampu mengidentifikasi proses dinamik secara 3 dimensi dalam skala waktu yang berbeda (skala waktu manusia, sejarah atau geologi) 
  • Mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi di bumi (misalnya bencana alam) dan memberikan solusi berdasarkan pemahaman prinsipprinsip hubungan saling terkait antar dan di dalam sistem bumi 
  • Mampu berpikir ilmiah dan mengetahui perbedaan antara observasi dan eksperimen, kesimpulan dan hipotesis serta mampu membuat hipotesis, menarik kesimpulan dan memberikan saran 
  • Mampu mengumpulkan data dari sumber tertulis maupun terkomputerisasi dan memprosesnya serta menampilkannya dalam bentuk grafik, daftar, diagram, gambar dan peta 
  • Mampu mempresentasikan pengetahuan dalam bentuk tertulis ataupun presentasi oral dengan berbagai cara seperti tulisan ilmiah, poster ilmiah atapun presentasi ilmiah

Download Silabus OSN Kebumian SMA 2024

Selengkapnya silabus OSN Kebumian SMA 2024 dapat anda scrolling dan download dibawah ini :

Atau silahkan anda download Silabus OSN Kebumian SMA pada tombol biru berikut :


Demikian Silabus OSN Kebumian SMA 2024, semoga menjadi rujukan dalam mempersiapkan peserta didiknya sehingga maksimal dalam meraih prestasinya, semoga sukses.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Silabus OSN Kebumian SMA "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.