google-site-verification: google4ea25410b2d7324e.html Guru Profesional - GURU SUMEDANG
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guru Profesional

Berdasarkan Permendiknas no 40 tahun 2007/Permendikbud no 37 tahun 2077 dan No 38 tahun 2020, disebutkan bahwa seorang guru profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik adalah  seorang agen pembelajaran yang memenuhi  kompetensi utama  sebagai pendidik yaitu ; 
  1. Kompetensi pedagogik,
  2. Kompetensi kepribadian,
  3. Kompetensi profesional, dan
  4. Kompetensi sosial.


Tolak ukur sejauh mana ke- 4 kompetensi diatas terkuasai dan berjalan baik yaitu dengan  melihat bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru itu berkualitas dengan melakukan supervisi akademik. atau tentang supervisi klik DISINI.

Supervisi  Akademik /Supervisi Proses Pembelajaran akan memotret sejauhmana mutu dan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan guru, dimana langsung berimplikasi pada Mutu dan kualitas Hasil pembelajaran. 
Alfonso,dkk (1981) mengatakan bahwa “the function of supervision is promote the teacher’’s professional growth, to achive better learning through better teaching”.

Dalam Standar Proses Pendidikan Nasional sebagaimana tertera pada PP No 19 tahun 2005 yang diubah dengan PP No 32 tahun 2013 dan perubahan kedua PP No 13 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dinyatakan bahwa Proses pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang lingkup yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Permendikbud no 103 tahun 2014 dan no 22 tahun 2016 menyebutkan bahwa konsep dasar suatu proses pembelajaran adalah  bahwa peserta didik  dipandang sebagai  subyek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah,mengontruksi, dan menggunakan pengetahuan.

Corey (1986-1905) mengatakan bahwa pembelajaran adalah suatu proses di mana lingkungan siswa secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi – kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu. Sehingga Pembelajaran mengandung arti setiap upaya dan kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari dan memperoleh suatu kemampuan dan atau nilai yang baru atau pemberian kesempatan pada peserta didik untuk mengkontruksi pengetahuan dan proses kognitifnya dengan didorong untuk memecahkan masalah , menemukan segala sesuatu untuk dirinya dan berupaya keras mewujudkan ide-idenya.

Proses pembelajaran diawali guru dengan mengetahui entri behavior siswa (kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademiknya, latar belakang sosial ekonominya, dan lain sebagainya). Sebagai modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. 

Kemudian seperti apa implementasi di lapangan seorang guru profesional ?


Dalam Implementasinya sebagai seorang guru yang professional, ia harus mempersiapkan dan merencanakan proses pembelajaran (kompetensi pedagogik) yang meliputi, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya ; tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, media dan sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Di dalam penyusunannya guru harus mampu :
  1. memahami keseluruhan konteks kurikulum 
  2. menyusun pemetaan kompetensi dasar
  3. merumuskan tujuan pembelajaran
  4. menentukan/memilih pendekatan pembelajaran 
  5. menentukan cara atau metode pembelajaran
  6. merumuskan deskripsi materi ajar
  7. merumuskan materi ajar
  8. menentukan media pembelajaran
  9. menentukan cara dan alat penilaian hasil belajar 
  10. menyusun program pembelajaran/skenario umum setiap pertemuan
  11. Daftar pustaka utama
Dibawah ini ingsyaAlloh saya paparkan secara bertahap dalam beberapa artikel lanjutan  sebagai alat dan modal utama seorang guru yang professional di abad 21 diantaranya :
  • Teori Belajar dan Prinsip pembelajaran : untuk memahami proses pembelajaran  yang komplek, interaktif dan dinamis 
  • Pendekatan Pembelajaran ; cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan/ aktivitas guru dalam memilih kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran. 
  • Metode Pembelajaran ; cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya-jawab,diskusi / strategi pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  • Model Pembelajaran ; upaya maksimal guru dalam mempengaruhi  peserta didik untuk mengembangkan self of mastery, self efficacy dan reinforcement dalam proses pembelajaran.
Teori Belajar  :
  • Teori belajar Operant Conditioning Skinner DISINI
  • Teori belajar Conditioning of learning  Robert M Gagne DISINI
  • Teori belajar Perkembangan kognitif  Jean Piage DISINI
  • Teori belajar Orang Dewasa DISINI
Pendekatan Pembelajaran 
  • Macam - macam pendekatan pembelajaran DISINI
  • Pendekatan Kontekstual /CTL DISINI
  • Pendekatan Saintifik  DISINI
Model Pembelajaran 
  • Problem Based Learning DISINI
  • Project based Learning  DISINI
  • Inquiry/Discovery Learning  DISINI
Salam sukses guru Indonesia.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Guru Profesional"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.