Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Guru di Awal Tahun Pelajaran sesuai Kurikulum Merdeka

Persiapan Guru diawal tahun pelajaran sesuai Kurikulum Merdeka | Kurikulum merdeka sudah bergilir untuk tahun ke-3, diawal tahun ajaran baru ini  apa kegiatan dan persiapan yang harus dilakukan para guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan kurikulum merdeka ?

Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, terdapat tiga hal pokok yang harus dikuasai dan dipersiapkan guru di awal tahun pelajaran, diantaranya ;

  1. Perangkat Ajar (Perangkat Pembelajaran)
  2. Asesmen Pembelajaran
  3. Pembelajaran Paradigma Baru

Persiapan Guru diawal tahun pelajaran sesuai Kurikulum Merdeka | Kurikulum merdeka sudah bergilir untuk tahun ke-3, diawal tahun ajaran baru ini  apa kegiatan dan persiapan yang harus dilakukan para guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan kurikulum merdeka ?  Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, terdapat tiga hal yang harus dikuasai dan dipersiapkan guru di awal tahun pelajaran, diantaranya ;  Perangkat Ajar (Perangkat Pembelajaran) Asesmen Pembelajaran Pembelajaran Paradigma Baru
MGMP IPS Sumedang | Persiapan awal Tahun Pelajaran

Perangkat Ajar dan Asesmen Pembelajaran

Perangkat ajar ini menyangkut perencanaan karena tanpa perencanaan yang maksimal kita tidak bisa melaksanakan proses pembelajaran yang layanan pembelajaran yang berkualitas. 

Tiga tahapan dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas yaitu :

  1. Menentukan Tujuan Pembelajaran, yang terdiri dari ;
  2. Langkah-langkah Pembelajaran ;  Menyusun Bahan Ajar baik cetak maupun non cetak seperti Modul Ajar /RPP , LKPD, Video, Bahan Presentasi, dll,  Pada tahapan ini, pendidik diharapkan dapat menyelenggarakan pembelajaran yang 1) interaktif;  2) inspiratif; 3)menyenangkan; 4) menantang;  5) memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif; dan 6) memberikan  ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik . Berikut ini contoh Bahan ajar /buku teks, modul ajar dan LKPD seluruh mapel tiap jenjang yang bisa anda unduh :
  3. Asesmen Pembelajaran ; dilakukan untuk mengukur aspek yang seharusnya diukur dan bersifat holistik. bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan asesmen bisa anda temukan pada :  
  • Asesmen /Penilaian terdiri dari  :

Pembelajaran Paradigma Baru

Dalam memahami dan mengimplementasikan pembelajaran Kurikulum Merdeka ,apa yang harus dikuasi guru? Yaitu mau berubah dengan paradigma baru dan menguasai minimal dua model pembelajaran yaitu Project Based Leaning (PBL) dan Teaching at the Right Level (TaRL) (PBL) dan Teaching at the Right Level (TaRL)  serta memahami Prinsip- prinsip Pembelajaran Paradigma baru diantaranya :

  1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan  tahap perkembangan dan tingkat pencapaian  peserta didik saat ini, sesuai kebutuhan belajar, serta  mencerminkan karakteristik dan perkembangan yang  beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna  dan menyenangkan sering dikenal dengan Teach at the right level dalam kurikulum merdeka
  2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk  membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar  sepanjang hayat. 
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan  kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik. Rasanya artikel dibawah ini layak anda baca tentang Holistik integratif diantaranya :
  4. Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang  dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya  peserta didik, serta melibatkan orang tua dan  masyarakat sebagai mitra. ciri tersebut bisa anda telaah pada beberapa tulisan GS tentang ciri pendidikan abad 21 bisa di cek disini :
  5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang  berkelanjutan

Apa yang harus dikuasi guru? Yaitu mau berubah dengan paradigma baru dan menguasai minimal dua model pembelajaran yaitu Project Based Leaning (PBL) dan Teaching at the Right Level (TaRL) (PBL) dan Teaching at the Right Level (TaRL) 

Masih belum jelas prinsip-prinsip tersebut ? silahkan dalami lebih detail di ini loh yang harus ditinggalkan dan dilakukan guru dalam kkurikulum merdeka .

Demikian sobat GS persiapan guru di awal tahun pelajaran sesuai kurikulum merdeka dan link link yang saya sodorkan serta menu yang ada di GS ingsyaalloh membantu anda memahami dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dikelas anda.

Semoga bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Persiapan Guru di Awal Tahun Pelajaran sesuai Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.